selasar-loader

Mungkinkah reuni sekolah dibuat secara digital?

Last Updated Apr 8, 2017

5 answers

Sort by Date | Votes
Syaifuddin Sayuti
Happy Holiday...

Hasil gambar untuk reuni

Sumber gambar via http://gsja.org/ (SUM)

Kenapa tidak?

Saya sudah mencobanya pekan lalu saat menggelar Reuni Akbar di SMP Negeri 11 Jakarta. Saya bersama teman-teman membuat hajatan reuni ini lebih digital walaupun belum 100 persen digital.

Apa yang bisa dijadikan lebih digital dalam reuni sekolah?

1. Menjaring Peserta Reuni

Peserta reuni sengaja kami umumkan tentang kegiatan reuni melalui sosial media, seperti Facebook maupun Instagram. Pada kedua media sosial tersebut, kami buat grup dan akun khusus reuni yang bertujuan menyosialisasikan kegiatan reuni. Karena tidak semua memiliki akun FB dan IG, maka pekerjaan terbesar selanjutnya adalah 'menarik' para alumni yang berada di luar kedua medsos untuk bisa ikutan reuni.

Kami juga menggunakan Word of Mouth Communication alias "komunikasi dari mulut ke mulut". Mereka yang sudah memiliki akun media sosial diminta menceritakan, mempengaruhi, dan mengajak teman lain untuk ikutan reuni.

Setelah informasi tersebar luas, tugas berikutnya adalah 'mengikat' para alumni untuk masuk dalam daftar peserta reuni. Mereka diajukan Google Form untuk membuat mereka masuk dalam database kami.

2. Membuat Reuni "Maya"

Ini bagian yang paling sulit. Jika reuni dilakukan dalam jangka yang tidak terlalu lama sejak lulus sekolah/kuliah mungkin tidak sulit. Nah, probelm akan terjadi bila reuni digelar setelah puluhan tahun sejak lulus sekolah.

Butuh pendekatan khusus, seperti mengajak masuk dalam sebuah grup pertemanan virtual seperti Whatsapp atau Telegram. Ada yang bersuka cita tetapi tidak sedikit yang menolak dengan berbagai alasan.

Adanya WA Gruop (WAG) cukup menolong membuat alumni 'terikat' dalam nostalgia masa silam. Dan WAG bisa dikategorikan sebagai kegiatan reuni di dunia maya. 

3. Gunakan saluran media sosial

Saat hari 'H" tiba, gunakan banyak channel media sosial untuk menyebarkan kabar reuni ke banyak pihak.Menggunakan IG Live, IG Story, dan FB Live adalah salah satu caranya. Gunakan hastag tertentu sehingga perhelatan reuni jadi momen penting yang mudah dilacak keberadaannya oleh banyak orang.

Yang harus diperhatikan jika Reuni Digital jadi pilihan adalah menyiapkan perangkat gadget yang memadai, baterai diisi penuh, serta gunakan jaringan operator seluler yang bagus agar proses reuni dapat disebarkan secara real time tanpa kendala.

Saya gunakan jaringan 4G LTE dari XL yang terbukti koneksinya lancar dan cepat.

Answered Apr 8, 2017
Mugniar
Blogger www.mugniar.com | Freelance writer

Hasil gambar untuk REUNI SEKOLAH

Sumber gambar via https://img.okezone.com/ (SUM)

Grup-grup WA alumni menurut saya juga merupakan reuni sekolah yang dibuat digital.

Answered Apr 8, 2017

8h9n45617_8kUYC4LOSCy7pL_97XTgjG.jpg

via reuniundip.com (FR)

Bisa banget, apalagi untuk meminimalisir kesibukan masing-masing anggota reuni makanya dibuat grup-grup reuni digital, misal WA. Nanti kalau jaringan 4,5G merata di Indonesia, WA bisa saja buat fitur khusus reuni memakai video call.

Answered Apr 9, 2017
Ib Ra
My IQ would be perfect if im not too lazy to do the test

Hasil gambar untuk skype

via blogspot.com (FR)

Pertama-tama, saya sepertinya kebingungan dengan pertanyaan ini, kenapa ? karena pernyataan dibuat secara "Digital", apa yang dimaksud digital ? definisi digital = Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner), tetapi setelah melihat jawaban jawaban lainnya, saya baru tersadar, yang dimaksud adalah, mungkinkah reuni sekolah dibuat/direncanakan melalui Media Sosial.

Tentu Saja bisa, kenapa tidak ? seiring pertumbuhannya zaman, semakin banyaknya teknologi-teknologi terbaru, yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara lebih mudah, dan lebih cepat.

jika pada tahun 1950, mungkin orang-orang mengirim surat untuk berkomunikasil tetapi seiring pertumbuhan zaman, saat ini kita sudah dapat berkomunikasi menggunakan teknologi yang dinamakan "Video Call"

Salah satu cara melakukan reuni secara online adalah dengan menggunakan social media bernama skype, skype merupakan salah satu cara untuk bertatap muka secara online, skype dapat digunakan untuk video group call, tetapi menurut saya, fasilitas media social untuk video call, belum memungkinkan kita untuk melakukan Reuni Satu angkatan sekolah, tetapi dapat dilakukan untuk 5-20 orang saja, mungkin reuni kelas, reuni kelompok bermain, dan lain-lainnya sudah dapat dilakukan melalui teknologi tersebut.

Untuk Reuni satu angkatan, mungkin dapat menggunakan media sosial seperti line atau group whatsapp, yang dapat menampung hingga lebih dari 100 anggota, dengan begitu, anda dapat berkomunikasi dan bernostalgia tentang kenangan saat bersekolah dahulu.

tetapi untuk Reuni Satu Angkatan dengan cara online menggunakan video call, hal ini belum dapat tercapai, karena tidak mendukungnya untuk melakukan video call dengan 100 orang. oleh karena itu, Reuni Akbar secara besar-besaran dilakukan dengan cara konvensional, yaitu pertemuan secara langsung, tidak melalui media sosial.

Answered Apr 9, 2017
Adrian Benn
Master's Student in Interactive Media Technology, KTH, Sweden.

7okAIzKe4TAhXHLu9PEZebpzRYxssdxo.jpg

Bagaimana jika kita bisa bertemu teman-teman kita dalam bentuk digital? Lebih tepatnya, dalam bentuk hologram seperti adegan film Kingsman ini. Seru kan, tidak hanya sekedar melihat wajah melalui video call di layar monitor, semua orang bisa hadir di sekitar kita. Dan saat ini ada riset yang membuatnya sangat mungkin terwujud.

AE7cFgXSUhY5xP8sw_IhmQm67aUTUTKc.png

Microsoft dengan perangkat HoloLens-nya yang memiliki teknologi Augmented Reality, sedang melakukan riset sebuah teknologi bernama Holoportation. Nah, untuk keperluan reuni, semua peserta reuni harus memiliki perangkat pemindai 3 dimensi (berupa sejumlah kamera khusus yang ditempatkan di penjuru ruangan). Hasil pindaian tersebut akan dikirimkan ke lawan bicara melalui kacamata HoloLens. Luar biasa, kan? :)

Untuk lebih lengkapnya, silakan lihat langsung video di sini.

Answered Apr 10, 2017