selasar-loader

Bagaimana cara belajar secara efektif ketika SMA?

Last Updated Nov 20, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes
Reza Firmansyah
Mathematician. Writer. Futurist. Trying to leave good marks as my legacy.

DMppLLWWqgQn6ycT582JuERzoTaQGtud.jpg

Selain segera mengerjakan setiap tugas yang diberikan guru, usahakan agar kita juga bisa dekat dengan para guru. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mendapat nilai plus dari segi kognitif, psikomotorik, dan sikap/afektif.

Sederhana, namun cukup manjur bagi saya.

 

sumber gambar: bidakara.ac.id

Answered Dec 16, 2016

NAMA.         : DEA ARISKA

FAKULTAS  : ADAB DAN HUMANIORA

JURUSAN.   : TARJAMAH

 

Harus bisa membagi waktu untuk belajar dan buat kepentingan yg lain nya

Answered Aug 20, 2017

Hallo!

Tips - tips dibawah ini berdasarkan pengalaman saya :

1. Membuat jadwal belajar

Sebelum semester baru dimulai ada baiknya membuat jadwal belajar dan menetapkan target apa yang harus dipelajari. Tanyakan kepada gurumu materi apa saja yang akan dipelajari selama 6 bulan kedepan atau 1 tahun kedepan. Dan bagi materi itu ke waktu yang kamu punya. Misal untuk pelajaran kimia ada 300 halaman yang harus aku baca, maka 300 dibagi 5 bulan (anggap 150 hari) hasilnya 2 halaman, maka setiap hari aku harus membaca 2 halaman. Lakukan juga pada pelajaran yang lain pastikan materi mu selesai sebelum ujian dimulai. 

2. Knowing where is your problem and solve it!

Ketika belajar ketahui di mana masalahnya, mengapa kamu tidak mengerti pelajaran itu. Misal fisika, apakah karena kesulitan hitung - hitungan, apakah kesulitan memahami teori - teori atau hanya kurang berlatih. 

3. Duduk di depan

Duduk di depan memang kadang membuat kita merasa tertekan, takut ditanya dan tidak bisa menjawab dan sebagainya. Tapi percayalah ketika kamu duduk di depan guru akan mengingat kamu dan namamu yang nantinya mungkin kamu bisa mendapat nilai tambahan. Selain itu ketika kamu duduk di depan kamu jadi berkonsentrasi penuh pada pelajaran.

4. Kumpulkan tugas jauh - jauh hari

Ketika kamu mengumpulkan tugas sebelum deadline, guru biasanya akan melihat dan mengecek tugasmu terlebih dahulu. Dan ketika ada kesalahan, Bu Guru atau Pak Guru akan memberi tahu kamu, where to fix. Dari situ tentu kamu akan mendapatkan nilai bagus.

5. Kenal dengan kakak kelas

Punya kenalan kakak kelas sangat bermanfaat. Tanya ke kakak kelas tersebut apakah pernah diajar oleh guru A atau guru B. Jika iya tanyakan bagaimana ulangan atau tes-tes yang ia berikan atau tugas-tugasnya. Tanyakan juga tentang buku yang digunakan di kelas.

6. Membaca sekilas materi yang akan dipelajari esok hari

Malam sebelumnya pastikan kamu membaca sekilas materi yang akan kamu pelajari esok hari. Tidak mengerti? tidak masalah. Tujuannya adalah kamu mendapatkan gambaran tentang materi tersebut. 

7. Soal ujian tahun atau semester lalu

Ketika akan memasuki masa ujian, tanyakan kepada gurumu apakah mempunyai contoh soal atau soal ujian semester lalu atau tahun lalu, karena biasanya tidak jauh berbeda

8. Mengulang - ulang

Belajar juga merupakan proses yang panjang hingga akhirnya kamu mengerti materi tersebut pastikan kamu mengulang apa yang kamu pelajari. 

Semoga tips yang saya tulis berguna :) Selamat menerapkan!

 

Liebe Grüße,
A

Answered Aug 25, 2017