selasar-loader

Apa yang kamu lakukan untuk menjaga motivasi belajar?

Last Updated Nov 20, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Lukas Steven
IISIP Jakarta

OIp6LQx6ohy01JcHeTnTLogo7M4u0r8k.jpg

Belajar adalah hal yang sangat umum dilakukan mulai sejak SD, SMP, SMA, dan kuliah. Artinya, ada sekitar 16 tahun waktu kita untuk belajar setiap harinya demi tercapainya nilai yang bagus dan memuaskan. Untuk sebagian orang, belajar mungkin merupakan sebuah tantangan dan keharusan demi mendapatkan pekerjaan yang mantap di bidang mereka masing-masing, baik dibidang musik, komunikasi, memasak, akutansi, teknik, kesehatan masyarakat, dan masih banyak lagi. Namun, beberapa masalah pribadi yang sering kita dapatkan setiap harinya terkadang menurunkan motivasi belajar kita. Ada beberapa cara yang saya terapkan untuk menjaga motivasi belajar.

lP-w9j6WHs87mQTDs3MJZiv5bc4to0w8.jpg

1. Mempunyai Target

Artinya, kita bisa menargetkan untuk sebuah pencapaian dibidang belajar. Salah satu contohnya adalah menargetkan semester sekarang mendapatkan nilai A pada matakuliah Metode Penelitian Sosial (MPS), atau target pada jam belajar yaitu belajar dari jam 19.00 selesai jam 22.00 setiap harinya. Target akan memotivasi kalian untuk mencapai apa yang kalian inginkan

2. Mengubah Perspektif

Pola pikir kita untuk belajar harus diubah, dari kebutuhan untuk sekolah menjadi kebutuhan untuk masa depan. Artinya, setiap proses belajar yang sudah kita lakukan bukan untuk orang lain, bahkan menjadi nasib kita di masa depan. Mulai memikirkan tentang dampak malas belajar, dan berkeinginan masa depan yang cerah dengan cara belajar sebanyak-banyaknya agar menjadi mapan kemudian hari.

3. Mendapatkan Reward

Sebagai generasi millenial, umumnya kita adalah pribadi yang ingin serba instan dan mendapat pujian dari setiap pekerjaan yang kita lakukan. Dalam segi belajar, hadiah adalah salah satu cara terbaik agar kita lebih semangat belajar dan mendapatkan hadiah yang sudah kita inginkan tersebut. 

4. Visualisasikan Hal yang Membuat Bersemangat

Tips terakhir adalah memvisualisasikan sesuatu yang membuat Anda termotivasi, bertujuan agar kalian bisa selalu mengingat tujuan dan alasan belajar. Caranya, menggunakan kalimat-kalimat motivasi yang dipasang di meja belajar, memajang foto orangtua kalian di dalam dompet, atau bahkan foto pacar yang mungkin akan meningkatkan motivasi belajar kalian.

***

Mario Teguh pernah mengatakan, “Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar akan menjadi pemilik masa depan.” Jadi, jika terus belajar, tentunya masa depan sudah menunggu kita. :)

 

Ilustrasi via pixabay

Answered Mar 14, 2017
Armaya Fitra Akbar Sirait
Peserta Rumah Kepemimpin angkatan 8 | I like sharing,helping,and discussing.

Selalu menuliskan target-target yang ingin dicapai sehingga target itu mampu menjadi motivasi bagi kita dalam membangun mimpi.

Answered Nov 4, 2017