selasar-loader

Bagaimana asal-usul batik?

Last Updated Apr 7, 2017

4 answers

Sort by Date | Votes

Hasil gambar untuk MEMBATIK

Sumber gambar via https://thedeviponorogo.files.wordpress.com/ (SUM)

Setahu saya, seni membatik sudah dikenal dalam peradaban manusia sejak zaman Mesir Kuna, pada sekitar abad ke-4 SM. Ini terbukti dengan ditemukannya kain pembungkus mumi yang dilapisi malam untuk membentuk pola tertentu. Sedangkan di Asia, seni batik telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Tang (618-907); di Jepang semasa periode Nara ((645-794). Di Afrika, batik juga sudah dikenal lama oleh sejumlah suku di Nigeria dan Senegal.

Di Indonesia, batik mulai dikenal pada zaman Majapahit. Pada masa itu, batik dilukis di daun lontar dan papan rumah adat Jawa. Awalnya, motif batik ini didominasi oleh gambar tumbuhan dan binatang. Seni batik ini hanya sekadar ekspresi jiwa seni yang dilakukan di waktu senggang. Dalam perkembangan selanjutnya lalu muncul motif abstrak, awan, candi, wayang, dan sebagainya. Lalu, digunakan media kain putih sebagai bahan dasar.

Pamor batik semakin meningkat ketika raja-raja di Majapahit, Demak, dan Mataram menggunakan kain batik sebagai simbol budaya adiluhung. Satu-satunya teknik pembatikan waktu itu adalah teknik batik tulis. Pewarnaannya menggunakan sumber warna alami, seperti daun jati, mengkudu, pohon nila, dan soga. Bahan sodanya menggunakan soda abu dan tanah lumpur. Pengguna kain batik pun meluas, dari hanya lingkungan keluarga keraton lalu ikut dikenakan juga  oleh kalangan rakyat jelata.

Perkembangan teknologi ikut mengubah perkembangan seni batik. Seusai Perang Dunia I, mulai dikenal apa yang disebut dengan batik cap dan batik printing. Dalam perkembangan selanjutnya, batik juga  tidak sekadar dimanfaatkan sebagai bahan busana. Dewasa ini, kita dapat melihat penerapan batik pada berbagai produk, seperti tas, sepatu, dasi, dompet, perlengkapan rumah tangga, lukisan, bahkan sampai ke mobil.

Kita memang perlu melestarikan warisan nenek moyang kita ini melalui pelatihan pembuatan batik kepada para generasi muda penerus bangsa, agar kebudayaan adiluhung ini semakin dikenal dan digemari masyarakat dunia.

Answered Apr 8, 2017
Muhammad Arief A.
Future bioengineer, Journalist, and Freelance Writer.

VAeuBxIoZ7iM6I8iykq_lO5Jn_r1KiLn.jpg
(Sumber gambar via liverpoolecho.co.uk)

Banyak sumber yang menjelaskan tentang sejarah kain etnik khas Indonesia ini. Beberapa diantaranya menyatakan kalau batik mula-mula diterapkan di Tiongkok semasa Dinasti T'ang (618-907) serta di India dan Jepang selama Periode Nara (645-794) (Hadi, 2014). Akan tetapi dalam literatur yang sama, Hadi (2014) juga menyatakan kalau teknik membatik pertama kali dikenal pada abad ke-4 SM di Mesir untuk memberikan pola pada kain pembungkus mumi-mumi kala itu.

Adapun menurut Djulianto Susantio dalam gelora45.com, motif batik berasal dari pola anyaman pada tembikar yang muncul pada zaman prasejarah. Uniknya dalam makalah tersebut Djulianto Susantio menyatakan bahwa batik bukan berasal dari Cina atau India melainkan memang berasal dari masyarakat Jawa kuno.

Pendapat ini didukung oleh Putra Suri Alim dalam tesisnya pada tahun 2014. Menurut Alim (2014), batik berkembang cepat sekitar tahun 1755 tepatnya pada masa berdirinya Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Keraton-keraton yang ada kala itu gemar mengembangkan motif, corak maupun pewarnaan kain sesuai dengan ciri khas keraton masing-masing.

Well, apa yang saya sampaikan memang belum thoroughly clear. Makanya nih studi literatur terhadap asal usul kebudayaan Indonesia seperti ini harus terus digalakkan. Ngga mau kan warisan budaya semacam ini diakuisisi pihak lain hanya karena anak bangsanya malas mengulik sejarahnya sendiri?

 

Referensi:
Alim, Putra S. (2014). Model Fuzzy Expert System Berbasis Pemakai pada P.T. Batik Semar Cabang Medan. Tesis. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Hadi, Solichul. (2014). Sejarah dan Teknik Pembuatan Batik. Pelatihan Pengenmbangan Desain Batik Berbasis Teknologi Informasi di Hotel Siliwangi Semarang. Surakarta: UNIBA dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah.
Susantio, Djulianto. Sejarah Batik. Diambil dari gelora45.com/news/SejarahBatik.pdf pada 15 April 2017.

Answered Apr 15, 2017
Isumi
Antusias tentang Sayembara Selasar dan memilih MacBook Pro

Al5LtDdH7hugRRoRexBL8Rl-kahANuBV.jpg

via museumbatik.com (FR)

Batik selalu identik dengan Jawa, karena secara harfiah berasal dari bahasa Jawa, yaitu ”tik” atau “tritik” yang berarti titik/matik (membuat titik), lalu berkembang menjadi istilah ”batik”. Walaupun demikian, berdasarkan referensi yang saya baca dari Wikipedia menyatakan bahwa kehadiran batik di Jawa sendiri tidak tercatat. 

Gerrit Pieter Rouffaer (penulis buku De batikkunst in Nederlandsch) berpendapat tentang teknik batik yang kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7. Di sisi lain, J.L.A. Brandes (arkeolog Belanda) dan F.A. Sutjipto (sejarawan Indonesia) percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah Indonesia seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Wilayah-wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme, tetapi diketahui memiliki tradisi kuno membuat batik.

Meskipun para ahli tidak setuju mengenai asal-usul yang tepat dari batik, sampel pola resistensi pewarna pada kain dapat ditelusuri kembali sejak abad ke-4 SM, yang menunjukkan bahwa terdapat teknik seni kuno yaitu seni pewarnaan kain dengan teknik perintang pewarnaan menggunakan malam (suatu zat padat yang diproduksi secara alami). Hal ini berdasarkan dari penemuan di Mesir berupa kain pembungkus mumi yang dilapisi malam untuk membentuk pola. Teknik yang serupa batik juga diterapkan pada masa Dinasti T'ang (618-907) di Tiangkok, serta di India dan Jepang semasa Periode Nara (645-794). Ternyata, teknik seperti batik juga dikenal oleh Suku Yoruba di Nigeria, serta Suku Soninke dan Wolof di Senegal (Afrika). 

Namun, di negara-negara lain, khususnya dalam bidang tekstil tak satu pun yang mengembangkan batik ke bentuk seni yang rumit dan sangat maju selain ditemukan di pulau Jawa di Indonesia. Hal ini dibuktikan dari detail ukiran kain yang menyerupai pola batik yang dikenakan oleh Prajnaparamita, arca dewi kebijaksanaan buddhis dari Jawa Timur pada abad ke-13. Detail pakaian pada arca tersebut menampilkan pola sulur tumbuhan dan kembang-kembang rumit yang mirip dengan pola batik tradisional Jawa yang dapat ditemukan saat ini. Jadi, membuat pola batik yang rumit dengan canting ternyata telah dikenal di Jawa sejak abad ke-13 atau bahkan lebih awal.

Batik hingga kini telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, bahkan pekerjaan membatik pun sudah tidak ada kesenjangan gender. Kalau dulu perempuan-perempuan Jawa menjadikan keterampilan dalam membatik ini sebagai mata pencaharian. Namun, sejak ditemukannya "Batik Cap" memungkinkan laki-laki bisa ikut membatik, dan di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki. 

Di Indonesia terdapat beberapa museum batik sebagai tempat wisata edukasi yang dapat menumbuhkan cinta yang besar terhadap warisan nenek moyang bangsa ini. Jika ingin melihat berbagai macam koleksi corak batik dari masa ke masa, silakan berkunjung ke museum batik di Yogyakarta, Solo, dan Pekalongan.

Kita patut bangga karena UNESCO sudah mengakui bahwa batik di Indonesia mempunyai teknik, kaya akan simbol-simbol budaya, dan filosofi yang menjadi identitas rakyat Indonesia. Sejak 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

 

#SayembaraSELASAR (Saya pilih MacBookPro)

Link referensi:

http://singosari.info/en/Rouffaer 

http://www.antaranews.com/berita/156389/batik-indonesia-resmi-diakui-unesco

http://www.expat.or.id/info/batik.html

https://batikkirani.blogspot.co.id/2013/01/museum-batik-di-indonesia.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Batik

Answered Apr 15, 2017
Dewa Ayu Fitriyanti
Mahasiswa fakultas psikologi

 Mz-Lh87Q1gG1fdjdhTj37xZeQ_AI5-cs.jpg

Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini. 

Dewa Ayu Fitriyanti _ 1706980204 _  Wikramawa 13

Answered Aug 8, 2017

Question Overview


6 Followers
1215 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Bagaimana implementasi growth hacking atau akuisisi user baru yang paling efektif untuk sebuah produk media digital?

Mengapa Indonesia merupakan negara yang miskin?

Bagaimana pendapat Anda terkait pernikahan beda agama?

Perubahan seperti apa yang Anda inginkan di Indonesia?

Mengapa teleskop tidak bisa melihat lebih jauh dari 13,8 miliar tahun cahaya?

Apa sebab munculnya ekstremisme di dunia ini?

Mengapa langit berwarna biru?

Bagaimana nasib perempuan-perempuan Jerman setelah Nazi kalah dalam Perang Dunia II?

Bagaimana cara Nazi mengenali orang Yahudi pada Perang Dunia II?

Apa yang bisa Indonesia lakukan untuk meningkatkan kejayaan industri filmnya?

Apa saja motif batik tradisional Yogyakarta?

Apakah batik termasuk ke dalam budaya populer?

Bagaimana asal muasal batik diciptakan oleh leluhur kita?

Mengapa artis Korea mau menggunakan batik ya?

Apa fakta sejarah Indonesia yang penting namun belum banyak diketahui masyarakat Indonesia sendiri?

Kenapa Islam begitu mudah dan cepat diterima di sebagian besar wilayah Indonesia?

Siapa manusia/bangsa pertama di Indonesia?

Siapa pejuang/pahlawan Indonesia yang paling Anda hormati?

Bagaimana nama Indonesia tercipta?

Apa yang kita bisa pelajari dari Perang Diponegoro yang sangat legendaris itu?

Mengapa Snouck Hurgonje mampu melakukan infiltrasi sedemikian dalam terhadap tubuh umat Islam Indonesia?

Mengapa penyebaran agama Islam di Indonesia mampu dilakukan tanpa jalur peperangan?

Apakah benar Pattimura beragama Islam dan apa bukti yang melandasinya?

Apakah benar Sisimangaraja XII beragama Islam dan apa bukti yang melandasinya?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?