selasar-loader

Bagaimana cara belajar bahasa pemrograman secara autodidak?

Last Updated Nov 20, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes
Rendy Setya Pratama
Software Engineer yang suka fotografi.

VpIhHOiKWM5D7EK6Jv9UEe7x4lTGNLzT.jpg

'Belajar atau Tertinggal'

Belajar dan menguasai suatu hal untuk kemudian menjadi from zero to hero tentunya bukan hal yang gampang. Termasuk di dalam dunia programming, saya sendiri sebagai software engineer sering merasakan problematika ini.
Berikut ini beberapa wejangan dari saya kepada teman - teman yang ini 'menyelam' di dunia programming.

Niat
Oke, ini adalah kunci dari segala sesuatu. Dibutuhkan niat yang solid untuk belajar suatu programming language atau bahkan sekedar icip - icip. Teman - teman harus siap terluka dan berdarah - darah selama proses 'menyelam' ini. Jika niat dan tekad sudah bulat, lanjut ke poin berikutnya.

Tentukan Fokus
Mungkin setiap orang memiliki fokus dan ketertarikannya masing - masing, seperti ingin membuat website, mobile apps baik Android ataupun IOS, desktop apps, ataupun menjadi seorang hacker ? Jika sudah menentukan fokus, barulah kita dapat menentukan programming language apa yang akan kita gunakan untuk membuat platform tersebut.
Contohnya jika ingin membuat platform website, kita dapat menggunakan : PHP, Perl, Python, HTML dan teman - temannya.
Saya tidak melarang teman - teman untuk menentukan lebih dari satu fokus, tapi alangkah baiknya jika memang teman - teman belajar secara otodidak, tentukan dulu satu fokus, dalami, kuasai ilmunya. Baru beralih ke fokus berikutnya (jika belum lelah). Karena pada umumnya, seorang programmer akan merasa nyaman pada beberapa programming language untuk membuat suatu platform ketimbang melahap semuanya (saya termasuk programmer tersebut). Tapi ada juga yang rela mati - matian mendalami semuanya.

Google dan Youtube!
Ya, ini adalah kunci ketiga jika teman - teman ingin belajar segala sesuatunya secara otididak. Google dan Youtube memberikan kebebasan untuk kita dalam mengeksplorasi ilmu yang tidak ada batasannya. Disini kita bisa menemukan forum diskusi seperti StackOverflow (terimakasih StackOverflow), grup - grup programming yang bertebaran di halaman Facebook dan juga beberapa software dari mulai yang free license hingga yang pro license. Saya sendiri banyak belajar melalui Google dan Youtube, siapa yang tidak senang menemukan ilmu secara gratisan ? apalagi semua tutorial dari mulai Basic hingga Advance bisa kita temukan disini.

Constant Training
Ungkapan yang menyebutkan Practice Makes Perfect berlaku disini. Jangan takut salah, jangan takut untuk mencoba, jangan takut error, bertanyalah ke forum - forum jika ada yang tidak dimengerti. Semakin banyak salah, semakin banyak kita tahu bagaimana cara problem solving nya.
  
Tetapi kita harus selalu ingat, dunia teknologi selalu berkembang setiap detiknya, semakin banyak 'orang gila' diluar sana yang menemukan hal - hal kreatif baru diluar dugaan kita. Disini programmer dituntut untuk selalu mempelajari hal - hal baru tersebut atau at least dituntut untuk meng-upgrade skill dan tools yang digunakan.

Satu pesan dari saya.. 'Belajar atau Tertinggal'

Answered Jan 15, 2017
saflis st pahlawan
the lost physics engineer

Pemogramanan pada dasarnya hanyalah kumpulan blok-blok logik sederhana yg disusun untuk menyelesaikan masalah diajukan.

Untuk belajar pemograman secara otodidak, setidaknya bisa mengikuti langkah2 berikut:

  1. Pilih bahasa yang akan ditekuni sebagai bahasa utama, sebaiknya dimulai dari bahasa yang paling bawah misalnya cpp, atau bisa juga langsung ke java yang  saat ini yang paling populer.
  2. Ikuti tutorial dasarnya secara penuh di berbagai web tutorial, contohnya untuk java bisa mengikuti https://www.tutorialspoint.com/java/index.htm atau cpp: https://www.tutorialspoint.com/cplusplus/index.htm
  3. Lanjutkan dengan belajar framework yang lebih atas sembari juga mempelajari object oriented dan algoritma, lalu langsung saja terapkan ke aplikasi yang diinginkan.
  4. Bergabung di forum untuk berdiskusi
Programming adalah skill jadi perlu dilatih terus menerus, mengenal banyak bahasa juga bagus karena pada dasarnya yang berbeda adalah sintaksnya saja, sedangkan  intinya tetap tentang variabel dan logic/decision.

Answered Jan 31, 2017
Mhd Fadly
Freelancer, penulis

GQMuSXfPaPt-2ymvYpJf9Nj-9PEiomAX.jpg

Saya adalah orang yang belajar selalu dengan otodidak, khususnya ilmu-ilmu yang terkait di bidang komputer. Pelajaran otodidak yang saya mulai di bidang komputer pada mulanya dari sisi desain grafis. Hanya karena melihat seseorang menggambar logo PUMA dengan menggunakan Corel Draw, akhirnya saya mampu menggunakan aplikasi Corel Draw hingga 90%. Ketika sering instalasi dan format ulang komputer, dan saya mulai mengganggap Corel mempunyai kelemahan bagi saya, maka saya mendesain hari ini menggunakan produk Adobe, baik itu Photoshop, Ilustrator, After Effect, Indesign dan lainnya.

Begitu juga di dalam bahasa pemrograman, saya belajar secara otodidak hingga hari ini saya mampu melahirkan website khairulqurun.com dan diminta untuk membuat dan mengelola website salah satu anggota komis yudisial Farid Wajdi.

Saya bukanlah orang yang mempunyai kelebihan uang untuk ikut kursus sana dan ikut kursus di sini. Dari latar pendidikan saya juga bukanlah jurusan yang membidangi dunia komputer. Saya hanya lulusan S1 Dakwah yang saya ikuti karena ada program beasiswa dari salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Namun, passion tidak akan lari jauh bila kita sudah mengetahuinya. Saya hanya orang yang sekedar hobi dengan komputer. Maka, saya senang untuk semua hal yang terkait dengan komputer, memperbaikinya, mendesign, main game, ngoding, semua hal itu saya lakukan dengan senang hati.

So, tips untuk belajar otodidak, yaitu :

  1. Hal yang dipelajari merupakan passion kita atau minimlah hobi bagi kita. Artinya, kita mampu menghabiskan waktu tanpa terasa dengan mempelajarinya atau menggunakannya.
  2. Temukan tujuannya, awal mula saya mendesign karena ingin membuat logo. Awal mula saya belajar photoshop karena ingin merubah foto. Dan awal mula saya ngoding karena saya ingin punya website, awal mula saya bisa After Effect karena saya ingin membuat animasi. Maka tujuan itu sangat penting, dengan tujuan yang sudah pas, kita bisa mencari tahapan-tahapan tutorial apa yang ingin kita buat.
  3. Belajar dengan membeli buku, atau mengikuti tutorial online. Tutorial online dapat kita cari dari mbah Google, atau Youtube, atau untuk coding dapat juga mengikuti kelas online secara free di sekolah koding atau di code saya
  4. Mengikuti Forum tutorial terkait, banyak jalan menuju roma, banyak cara untuk menghasilkan sesuatu. untuk membuat sebuah logo, para desainer akan bervariasi dalam cara membuatnya. Maka dengan mengikuti forum kita akan dapat menambah wawasan berbagai aspek dalam mencapai tujuan. Begitu juga programing, baik itu dari cara penulisan, bahasa yang digunakan atau tools yang digunakan. Informasi itu terkadang lebih lengkap kita dapati dengan mengikuti forum apa yang ingin kita pelajari.
  5. Oprek-oprek file mentah. Jika mempunya relasi yang kuat dan yang sudah mahir, tidak salahnya meminta kepadanya file mentah dari apa yang sudah ia buat. Dengan file mentah tersebut kita dapat mencoba merubah dan mengembalikan ke awal kembali. Dengan ini kita bisa menemukan kesalahan-kesalahan.

 

sumber gambar: jurnalweb.com

Answered Jun 20, 2017