selasar-loader

Apa yang membuat Jokowi begitu kuat dan disegani lawan politiknya?

Last Updated Nov 20, 2016

2 answers

Sort by Date | Votes
Julian Reza
Saya mendalami perkembangan di dunia Ekonomi Umum dan Syariah serta Politik

yang kuat bukan presidennya, melainkan sistem presidensialnya yang membuat posisi presiden begitu mapan dan mampu menjaga stabilitas politik.

Answered Aug 22, 2017
Saor Simanjuntak
S2 Komunikasi Politik UI Jakarta, Praktisi Televisi, Ketua Advokasi IJTI

SdGBtrZvpkXPmLS1H5s02V-Db967tNZO.jpg

1. Jokowi termasuk salah satu presiden yang clean. Track record (latar belakang) selama menjadi pejabat negara (Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta) dia bersih dari dugaan kasus korupsi.

2. Positioning Jokowi sebagai Presiden saat ini berbeda dengan posisioning para mantan presiden sebelumnya. Jokowi lebih mengetahui tentang detail-detail lawan politiknya. Jokowi tahu persis kelemahan lawan politiknya. Jokowi juga mengetahui kartu truf atau rahasia kelam yang dimiliki lawan-lawan politiknya.

3. Presiden Jokowi tahu persis bagaimana mengambil hati rakyat dengan membangun proyek-proyek infrastruktur yang selama ini menjadi tidak pernah tersentuhkan oleh para pendahulunya.

4. Dukungan partai politik (partai pendukung) pemerintahan semakin bertambah setelah bergabungnya Partai Golkar sehingga kebijakan politik an ekonomi yang diambil berlangsung di legislatif akan semakin mudah.

 

Foto via indonesiaone.org

Answered Aug 22, 2017