selasar-loader

Bagaimana sumbangsih mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan terhadap nelayan Indonesia?

Last Updated Apr 6, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Fikrang
Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Bagian alat Penangkapan ikan), UNHAS

seperti layaknya seorang mahasiswa pada umumnya, Mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan memiliki tugas dan Fungsi khusus didalam masyarakat. Tugas dan tanggung jawab mahasiswa salah satunya adalah menyampaikan suara rakyat dan menyampaikan kebijakan pro rakyat kepada publik. Hal tersebut juga berlaku untuk mahasiswa jurusan Ilmu Kelauatan dan Perikanan, jika ada suatu hal dari masyarakat yang ingin disampaikan kepemeritah maka mahasiswa terkhusus mahasiswa ilmu kelautan dan perikanan punya tanggung jawab untuk menyapaikan aspirasi tersebut. Begitupula jika ada suatu program yang pro terhadap nelayan maka mahasiswa Ilmu kelauatan dan perikanan juga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan kabar baik tersebut kepada masyarakat nelayan selain dari segi tersebut, Mahasiswa Ilmu kelauatan dan Perikanan sering melaksanakan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. salah satu bentuk konribusi nyata yang dilakukan oleh salah satu Mahasiswa Ilmu Kelautan dan Perikanan terkhusus yang ada di Universitas Hasanuddin yaitu sebuah bentuk pengaplikasian dari sebuah alat yang membantu Masyarakat nelayan terkhusus nelayan alat tangkap bagan tancap dalam proses pengoperasiannya. Alat ini memberikan sebuah Inovasi berupa perhitungan jangka waktu pengoperasian secara otomatis sehingga mempermudah nelayan dalam mengoperasikan bagan tancap ini. selain dalam ha teknologi, Mahasiswa ilmu kelautan dan perikanan juga berperan aktif dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya proses penangkapan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Answered Nov 3, 2017
Adi Nugroho
Student of Marine Fisheries Technology and Management IPB | Rumah Kepemimpinan 8

Sumbangsih mahasiswa Jurusan Ilmu kelautan dan Perikanan terhadap nelayan Indonesia dibuktikan dengan banyakannya karya yang telah diciptakan untuk masyarakat nelayan. Pencerdasan mengenai kelautan dan perikanan secara makro juga sudah ditingkatkan melalui sosisalisasi, edukasi, dan pengabdian masyarakat pesisir. Dari nelayan yang awalnya hanya menangkap, sekarang sudah mampu memasarkannya. 

Selain itu, mahasiswa Ilmu Kelautan dan Perikanan juga menjadi garda terdepan dalam menyuarakan keresahan-keresahan yang ditimbulkan dari adanya kebijakan pemerintah. Mengkaji ulang setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah secara objektif dan menyampaikannya kembali kepada nelayan. Sumbangsih mahasiswa Ilmu Kelautan dan Perikanan juga ditonjolkan dengan mencintai produk-produk seafood dalam negeri. Membuat tulisan yang memperbaiki citra nelayan di kalangan masyarakat global, bahwasannya menjadi nelayan itu tidak akan menjadi miskin. 

Laut adalah masa depan bangsa. Stigma takut menjadi nelayan karena gengsi, sekarang diubah menjadi berani menjadi nelayan karena akan berdasi. Harapan saya untuk Indonesia menjadi negara adidaya dengan mengoptimalkan sektor di bidang Kelautan dan Perikanan. Jalesveva Jayamahe!

Answered Nov 3, 2017