selasar-loader

Sejauh mana pengaruh Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam menyejahterakan nelayan?

Last Updated Apr 6, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes
Adi Nugroho
Student of Marine Fisheries Technology and Management IPB | Rumah Kepemimpinan 8

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipimpin oleh Susi Pudjiastuti sejak dilantik dari tahun 2014 banyak membawa perubahan positif, khususnya dalam mengangkat kembali citra perikanan di kancah Nasional dan Internasional. Indonesia yang berstatus sebagai negara kepulauan terbesar di dunia sekarang mulai disegani bangsa lain. Banyak upaya yang sudah dilakukan untuk memajukan perikanan bangsa, baik memalui kebijakan maupun aksi di lapangan. Pencerdasan generasi muda akan pentingnya "Laut Sebagai Masa Depan Bangsa" juga sudah ditingkatkan melalui "GEMARIKAN (Gerakan Makan Ikan) Nasional".

Menyinggung peran Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) terhadap kesejahteraan nelayan, memang sudah sangat banyak dilakukan. Misalnya kebijakan dalam menangani Illegal Fishsing  atau Pencurian Ikan oleh kapal-kapal asing, Pemberian bantuan Alat Penangkapan Ikan, Kapal Perikanan, Modal untuk pergi melaut, dan masih banyak lagi. 

Illegal Fishing yang sering terjadi di wilayah perairan Indonesia, sekarang sudah mulai berkurang karena adanya kebijakan keras yang lakukan oleh Ibu Susi. Hingga kini, Indonesia tercatat telah meledakkan dan menenggelamkan 318 kapal pencuri ikan berukuran besar. Yang membuat efek jera bagi para pelaku Illegal Fishing, sehingga meningkatkan pendapatan nelayan lokal karena hasil tanggakapan mereka bertambah. 

Dampak dari kebijakan tersebut bagi para nelayan-nelayan lokal yaitu nilai tukar nelayan pada awal 2017 mampu mencapai angka 110. Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2016, yakni 105.

"Nilai tukar nelayan itu naik dari tahun lalu yakni 105, sekarang menjadi 110. Jumlah nelayan yang menukar hasil tangkapannya juga meningkat," ujar Eko, saat ditemui usai rapat koordinasi terbatas di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2017) yang dikutip dari Kompas.com.

Selain itu juga, Kebijakan yang telah dilaksanakan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah banyak berdampak positif dalam menyejahterakan nelayan. Jalesveva Jayamahe!

Answered Dec 31, 2017