Tenis Meja: Pengertian, Sejarah, Teknik Pukulan & Cara Bermain

Secara sederhana, pengertian tenis meja adalah olahraga yang dilakukan dengan menggunakan peralatan berupa raket dan bola tenis berukuran kecil yang dilakukan di atas meja sebagai arenanya. Olahraga ini dapat dilakukan secara tunggal maupun berpasangan. Tenis meja pertama kali diciptakan oleh tentara Inggris, dan telah menjadi salah satu cabang olimpiade sejak tahun 1988. Permainan yang mengandalkan kecepatan dan ketepatan dalam mengembalikan bola ini tidak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga psikis.

Bila anda tertarik untuk menekuni olahraga tenis meja, uraian berikut ini dapat membantu dalam memahami aturan dan tata cara permainan yang juga dilengkapi dengan sejarah awal diciptakannya.

Pengertian dan Sejarah Tenis Meja

pengertian tenis meja menurut para ahli
Andrzej Grubba, atlet tenis meja asal Polandia tahun 1988. Sumber: en.wikipedia.com

Olahraga tenis meja, pingpong, atau table tennis adalah permainan olahraga raket yang dimainkan dua orang (satu lawan satu) atau bahkan bisa empat orang (dua lawan dua) yang saling berkompetisi. Tongkat raket ini terbuat dari bahan kayu, jaring atau net dan menggunakan bola yang kecil serta ringan. Papan yang digunakan untuk bermain juga harus persegi panjang dan berbentuk seperti meja makan.

Dahulu permainan ini dimainkan dengan tidak sengaja diciptakan oleh tentara Inggris saat sedang bertugas mengatur wilayah kolonialnya di India dan Afrika Selatan yang lalu dibawa kembali ke negara asal mereka. Dan ia menjadi sangat terkenal lo di sana. Mereka sering memainkan permainan ini setelah makan malam. Sering kali tentara Inggris dulu berkompetisi setelah jam makan malam. Pasti seru sekali ya.

Ada fakta unik lain lo Selasares, dahulu sebelum diciptakan, nama tenis meja olahraga ini punya sebutan lain yaitu whiff-whaff. Permainan ini dahulu menggunakan sebuah bola golf dan buku untuk dijadikan raketnya lalu tumpukan buku yang dijadikan sebagai net. Pada tahun 1901 sebuah perusahaan di Inggris mengeluarkan peralatan tenis meja dengan merek Ping-Pong. Kemudian karena keluarnya merek ini, semua orang ramai mengenalinya dengan olahraga pingpong.

Lantas Table Tennis Association atau Asosiasi Tenis Meja mengumumkan akan menggunakan istilah tenis meja untuk menamai cabang olahraga satu ini. Dan pada tahun 1988 tenis meja berhasil diperkenalkan sebagai cabang olimpiade dan perhelatan olahraga lainnya.

Olahraga pukul bola kecil di meja satu ini semakin tersebar luas. Ia diikuti oleh beberapa negara untuk dijadikan ajang perlombaan. Permainan ini sekarang sudah tercatat sebagai bagian dari olahraga. Di Indonesia sendiri Tenis meja mempunyai klub atau organisasi sendiri dengan nama Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia atau disingkat PTMSI.

Karena permainan ini sudah terkenal di seluruh dunia, tenis meja juga mempunyai organisasi internasional dengan sebutan International Table Tennis Federation atau ITTF, yang anggotanya berasal dari 140 negara. Indonesia berhasil masuk jadi anggota ITTF juga lo Selasares pada tahun 1961 silam. Itu dia pengertian dan sejarah singkat soal tenis meja.

Manfaat

Dalam permainan tenis meja, Selasares juga akan dapat manfaatnya lo. Apa saja sih manfaat tenis meja? Ini dia jawabannya:

  • Melatih ketangkasan dan kecepatan pemain;
  • Melatih konsentrasi yang tinggi;
  • Dapat mencegah kepikunan dini;
  • Karena bergerak dengan cepat tenis meja dapat meningkatkan stamina tubuh;
  • Mengasah fungsi otak;
  • Dapat dijadikan sarana bersosialisasi juga; dan
  • Menyehatkan badan kita.
Baca juga:   Pengertian Emosi

Kebutuhan dan Persiapan Permainan

pengertian tenis meja properti
Properti tenis meja meliputi raket, bola, net, dan meja lapangan. Sumber: self.com

Sebelum kita bermain Tenis meja ada beberapa hal yang harus kita butuhkan. Selasares tahu tidak apa saja yang di butuhkan? Ada beberapa kebutuhan lo, yakni peralatan, pemain, peraturan, kemampuan bermain, dan yang paling penting adalah niat untuk bermain. Mari kita bahas kebutuhan barang-barang dalam permainan tenis meja.

1. Raket

pengertian tenis meja bet
Raket tenis meja. Sumber: blibli.com

Pertama, kalau kita mau main tenis meja, ya kita membutuhkan raket untuk memukul bolanya. Raketnya berbeda ya dari raket tenis lapangan dan badminton. Raket ini harus memiliki permukaan yang datar, kaku dan terbuat dari kayu. Sisi yang melapisi juga harus dengan karet yang licin dan halus agar bola tidak tersangkut dan bisa dipukul lebih mudah ke arah yang kita inginkan.

2. Bola

pengertian tenis meja bola pingpong
Bola tenis meja yang berwarna kuning. Sumber: bukalapak.com

Kedua kita membutuhkan bola. Karena tanpa bola, raket kita memukul apa? Bola tenis meja juga tidak boleh sembarang bola ya Selasares. Bola ini harus memiliki berat yang enteng atau ringan. Kebanyakan bola tenis meja terbuat dari plastik karena plastik merupakan bahan yang relatif ringan.

Bola ini biasanya bisa memiliki warna putih ataupun kuning. Diameter bolanya juga kecil layaknya bola golf.

3. Meja Lapangan

pengertian tenis meja lapangan
Meja lapangan tenis meja. Sumber: olx.co.id

Ketiga, kita membutuhkan tempat untuk bermainnya. Sama seperti tenis, kita bermain di lapangan. Hanya saja, sesuai dengan namanya, tenis meja dilakukan di atas meja.

Meja yang menjadi lapangan tenis meja harus bisa untuk memantulkan bolanya. Permukaan lapangan meja juga di lihat dengan warna yang gelap entah itu biru tua atau hijau tua, tergantung dengan aturan ITTF. Hal ini dikarenakan bola tenisnya yang terang (putih atau kuning) sehingga lapangan dibuat berwarna gelap. Ukuran Tenis Meja yang kita butuhkan kira kira mencapai panjang 2.47 meter, lebar 1.525 meter, dengan tinggi 0.76 meter.

4. Net

pengertian tenis meja net jaring
Net pembatas kedua belah tim atau pemain. Sumber: id.aliexpress.com

Terakhir, properti yang kita butuhkan adalah net. Net di sini ialah sebuah garis tepi yang membatasi area petanding dengan petanding lainnya selebar 2 meter pada ujung meja. Dan ketika bermain pada permainan ganda, area dibagi menjadi bagian kiri dan kanan. Net biasanya berupa jaring ditempatkan di antara dua bagian meja, persis di tengah-tengah antara sisi kanan dengan sisi kiri.

Jenis Permainan

pengertian tenis meja tunggal putri
Ilustrasi pertandingan tenis meja tunggal putri. Sumber: pinterest.com

Sebelum Selasares bermain, ada juga tata cara bermain tenis meja dan itu tergantung dengan berapa orang yang akan bermain dalam satu pertandingan.

1. Tunggal

Permainan yang pertama bisa dilakukan antara satu melawan satu atau biasa disebut juga dengan permainan tunggal. Tunggal terbagi menjadi dua kategori jenis kelamin, tunggal laki-laki dan tunggal perempuan. Tata cara bermain secara tunggal atau satu lawan satu antara lain:

  • Setiap kali bola terjatuh di area tanpa mengenai raket bola akan dihitung dengan nilai 1.
  • Akan bergantian servis pemain jika poin dengan kelipatan ganda.
  • Pemain servis bebas memukul bola dari segala penjuru lapangan.
  • Permainan akan berakhir jika poin mencapai nilai 11 dan menang apabila mencapai angka 3 atau 4x kemenangan set.
  • Apabila seri, permainan akan dilihat dengan selisih permainan semua set.

2. Ganda

Nah kalau permainan ganda dilakukan oleh empat orang atau dua melawan dua. Ganda terbagi menjadi beberapa kategori seperti ganda perempuan, ganda laki-laki, dan ganda campuran (sepasang tim laki-laki dan perempuan melawah sepasang tim laki-laki dan perempuan). Tata cara bermain secara ganda mirip dengan tunggal, terutama dalam mencetak skor, perbedaan di antaranya adalah:

  • Servis bergantian akan mendapatkan poin 2.
  • Pemain dengan imbang bergantian memukul bola dari lawan.
  • Permainan tetap akan berakhir pada poin 11 dan kemenangan dengan 3 atau 4x set.
  • Apabila terjadi seri, maka akan dilihat dari nilai pada pemain.
Baca juga:   Pengertian Limbah

Aturan

Dalam setiap olahraga pasti memiliki segenap peraturan yang melancarkan jalannya pertandingan. Seorang wasit dan pembantu wasit hadir untuk menjaga aturan-aturan tersebut dalam pertandingan tenis meja. Kami telah merangkum aturan umum menjadi empat bagian antara lain sebagai berikut.

1. Urutan Servis

Setiap pemain wajib melakukan servis atau pukulan pertama kepada pemain lain. Jika terjadi kesalahan pada pukulan servis misal tidak terpukul atau terpukul terlalu jauh sampai keluar arena, maka dapat membuat skor untuk tim lawan. Siapa yang servis duluan itu ditentukan dengan cara diundi sebelum pertandingan. Atau bisa juga kita melakukannya dengan cara meletakkan bola tenis meja di atas net, lalu bolanya jatuh ke mana itu akan menentukan siapa yang duluan servis.

2. Sistem Skor

Tadi sudah disebut sekilas tentang poin dan nilai. Untuk mencetak skor, poin, atau nilai dalam tenis meja ada beberapa kriteria, di antaranya:

  • Bola mati setelah terpantul meja di tempat lawan.
  • Lawan membalas bola pantulan tetapi gagal memasuki area kita.
  • Lawan servis ke ruang kamar yang salah (dalam permainan ganda).
  • Lawan memukul bola ke luar lapangan.

Lawan sebaliknya juga bisa mencetak skor apabila kita melakukan kebalikan dari daftar di atas.

3. Satu Set Permainan

Satu set atau babak permainan tenis meja adalah ketika skor sudah mencapai 11 poin dengan selisih 2 poin. Jika seri, misal 10-10, maka harus mencetak skor terus sampai selisihnya 2 poin. Biasanya terdiri dari dua babak kemenangan, maka pemain atau tim tersebut dinyatakan sebagai pemenang. Jika seri, misal babak pertama tim A menang lalu babak kedua tim B menang, maka permainan akan dilanjut ke babak ketiga atau babak penentuan.

4. Pelanggaran dan Larangan

Ada beberapa kegiatan yang dianggap pelanggaran ketika bermain tenis meja di antaranya:

  • Tangan atau bet menyentuh meja lapangan dan net ketika pertandingan berlangsung.
  • Menggerakkan atau mendorong meja lapangan baik sengaja maupun tidak sengaja.
  • Servis tepat di atas meja lapangan, seharusnya di luar garis meja lapangan.
  • Menerima servis atau pukulan lawan di atas meja atau menyentuh meja, seharusnya di luar garis meja lapangan juga.
  • Gagal melakukan servis, artinya bola tidak terkena ketika dilempar untuk melakukan servis, baik sengaja ataupun tidak sengaja tetap dianggap pelanggaran.

Jenis Pukulan Tenis Meja

Pukulan di tenis meja ada beragam. Namun, ada sepuluh yang perlu Selasares ketahui, yakni pushsmashdrivelobchopblockspinforehandbackhand, dan servis. Untuk pembahasan lebih jelasnya, mari kita simak sekaligus cara bermain tenis meja.

Teknik Dasar dan Cara Bermain

pengertian tenis meja teknik dasar
Bermain tenis meja tidak hanya sekedar memukul bola ke arah lawan. Sumber: copenhagensport2.blogspot.com

Bermain tenis meja tidak sembarang memukul bola dengan raket ke arah lawan untuk mencetak skor. Ia memiliki teknik dan cara bermain seperti olahraga lain. Mulai dari memegang raket, sikap badan saat bermain, melakukan servis, bertahan, menyerang, hingga pukulan-pukulan dahsyat dalam tenis meja.

1. Memegang Bet atau Raket

Kita mulai dari cara memegang raketnya ya Selasares. Satu tangan memegang raket bebas dengan tangan kanan atau kiri, senyamannya kita. Namun, dianjurkan dengan tangan kanan, kalau kidal dengan tangan kiri. Dengan sisi datar raket menghadap ke arah depan agar siap memukul balik bola dari lawan pemain.

2. Sikap Badan

Bermain Tenis meja juga harus dengan sikap badan yang siap dan fokus bersiap untuk bergerak dengan cepat dan lihai. Badan pemain menghadap kearah lawan, tangan dengan raket di depan dada.

Baca juga:   Pengertian Asuransi

3. Gerakan Kaki

Gerakan kaki dengan salah satu kaki maju ke depan saat memukul bola jika melakukan servis sebisa mungkin arahkan bola ke sudut meja. Jika bola mengarah dari depan net menunu kearah kalian maka kaki satu bertahan maju ke depan agar menangkis bola.

4. Servis

Sama saat servis di permainan bulu tangkis, pada saat kita memegang bola arahkan bola ke arah lawan lalu pukul dan arahkan bolanya dengan posisi yang agak sedikit rendah di atas net. Kalau bisa posisikan arah bola ke sudut meja agar lawan sulit untuk menangkis bola tersebut.

5. Pukulan Forehand dan Backhand

Forehand berarti tangan depan atau telapak tangan, sedangkan backhand adalah tangan belakang atau sisi luar tangan kita. Jika main dengan tangan kanan, pukulan forehand dilakukan untuk bola ke arah kanan, sedangkan backhand untuk bola yang ke arah kiri. Untuk forehand, ketika bola mengarah ke kita, pukul sampai tangan setara pinggang kita, membentuk sekitar 90 derajat.

Sama seperti forehandbackhand juga memosisikan tangan menjadi 90 derajat saat memukulnya. Hanya saja kita lebih baik untuk merendahkan badan terlebih dahulu sebelum memukul, lalu posisikan tangan setara pinggang di arah kiri. Ketika bola datang, pukul ke depan membelok ke kanan.

6. Menyerang dan Smash

Untuk mencetak skor kita harus melakukan serangan ke lawan. Menyerangnya bisa dengan teknik smash. Smash harus memposisikan bola ke arah yang tepat agar tidak dapat dijangkau lawan. Teknik ini dapat kita contohkan pada saat bola mengarah ke arah kita lalu ditangkis dengan agresif ke arah bawah.

Melakukan smash juga harus penuh pertimbangan. Lebih baik melakukan smash dengan bola yang melambung atau tinggi ke arah kita. Kalau posisi bola terlalu rendah dan kita smash maka dapat mengenai net atau memantul ke papan area kita.

7. Bertahan

Namanya ada menyerang, pasti juga ada bertahan karena lawan kita bisa menyerang juga. Bertahan dilakukan agar musuh tidak mencetak gol atau skor. Bertahan bisa dari jarak jauh atau jarak pendek, tergantung kondisi. Jika bola datangnya keras kearah balakang maka lakukan bertahan dengan posisi jarak jauh. Jika bola datang dari posisi net maka ambilah posisi jarak dekat lalu tangkis.

8. Drive

Pukulan drive ini bisa menentukan arah bola semau kalian. Maksudnya, kita bisa memukul bola dan mengarahkannya. Jika kalian ingin melakukan drive saat permainan gerakanlah raket dari arah bawah serong ke atas lengan posisi raket dalam keadaan tertutup dengan begitu kalian bisa menentukan arah bola semau kalian.

9. Push

Pukulan push adalah salah satu teknik bertahan dari serangan musuh. Pukulan push ini biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan itu sendiri dan pukulan dari lawan. Jika ingin melakukan teknik push saat permainan maka gerakanlah teknik mendorong dan sikap raket yang terbuka.

10. Chop

Teknik chop dilakukan dengan memukul seperti seseorang yang tengah menebang pohon menggunakan kapak. Biasanya digunakan saat bertahan dengan menjulurkan tangan ke arah tangan.

11. Flick

Pukulan flick dapat kalian lakukan saat ingin mengembalikan bola ke arah lawan. Teknik flick ini dengan mudah kalian kuasai dengan cara memukul bola dengan agresif dan keras ke arah lawan. Kalau mau melihat tutorial melalui video, silakan menonton di laman berikut ini.

Nah Selasares, jika kalian giat bermain dan berlatih setiap hari dengan melakukan cara-cara di atas maka kalian akan bermain dengan baik dan terlihat seperti para atlet tenis meja. Tenis meja juga dapat mengembangkan potensi diri kalian. Ayo kita bermain pingpong!

Tinggalkan komentar