Siva Nur Ikhsani Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Kerajinan Dari Pelepah Pisang

7 min read

macam macam kerajinan dari pelepah pisang

Pernah kepikiran untuk membuat kerajinan dari pelepah pisang?

Ternyata, pelepah pisang yang sering dianggap tidak berguna, justru bisa dibuat suatu kerajinan yang memiliki nilai dan manfaat lhoh.

Buat orang-orang yang kreatif, pelepah pisang bisa dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang unik dan bisa digunakan.

Bahkan cara membuat kerajinan seperti ini juga tidak sulit dengan perlengkapan yang bisa Kamu sediakan dengan mudah.

Kira-kira, pelepah pisang bisa jadi apa saja ya? Yuk, ketahui beberapa ide kreatif untuk menyulap pelepah pisang jadi sesuatu yang unik berikut.

Contoh Kerajinan Dari Pelepah Pisang dan Cara Membuatnya

1. Bunga

gambar kerajinan dari pelepah pisang
ngertiaja.com

Cara membuat kerajinan dari pelepah pisang menjadi untaian bunga yang unik cukup mudah lhoh.

Dengan tangan kreatif, Kamu bisa membuat bunga sebagai hiasan rumah hanya bermodalkan pelepah pisang.

Bahkan jika hasilnya memuaskan, Kamu bisa menjadikan ide kreatif ini sebagai peluang usaha. Yuk, langsung saja berikut ini cara membuatnya:

Alat dan Bahan yang perlu disiapkan:

  • Pelepah Pisang Kering
  • Lidi atau Kawat
  • Gunting
  • Kertas kreps hijau
  • Penggaris
  • Pulpen
  • Staples

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Langkah yang pertama, buat dulu pola mahkota bunga. Caranya dengan menggambar bentuk segitiga pada pelepah pisang kering menggunakan bolpen.
  2. Potong pola yang sudah Kamu buat menggunakan gunting, usahakan pakai gunting yang tajam agar pemotongan lebih mudah dan rapi
  3. Ambil lidi, tusukkan di bagian tengah pola. Lalu bentuk pola segitiga tersebut menjadi bentuk kerucut
  4. Buat lagi pola di pelepah pisang, kali ini buat dalam bentuk oval menggunakan pulpen. Kamu bisa membuat pola sebanyak 5 buah yang akan digunakan sebagai kelopak bunga.
  5. Ambil satu pola, buatlah agak melengkung agar mirip seperti daun. Caranya dengan menyerut atau menggesek menggunakan penggaris.
  6. Ambil satu pola segitiga yang sudah dibuat mengerucut sebelumnya, lalu siapkan juga pola oval yang sudah lengkung. Ujung pola yang melengkung dan luar kerucut bisa kamu staples.
  7. Ambil pola lainnya dan staples sampai semua selesai.
    kerajinan dari pelepah pisang gambar bunga
    romadecade.org

Agar bunga terlihat cantik, Kamu bisa memberikan warna pelepah pisang sesuai dengan bunga yang diinginkan.

Setelah selesai, jangan lupa untuk menambahkan beberapa tangkai agar menjadi seuntai bunga yang cantik dan bisa jadi hiasan rumah.

Letakkan bunga yang sudah jadi pada pot.

2. Lukisan

gambar lukisan kerajinan dari pelepah pisang
Pinterest.com

Pelepah pisang yang kering ternyata juga bisa dibuat menjadi sebuah lukisan lhoh.

Namun untuk membuat kerajinan dari pelepah pisang yang satu ini tentunya membutuhkan jiwa-jiwa kreatif ya agar hasilnya bisa maksimal hehe.

Untuk membuat lukisan dari pelepah pisang, Kamu bisa coba ikuti tutorial berikut ini:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Pelepah pisang (pastikan sudah kering)
  • Triplek sebagai alas
  • Bingkai/ Frame
  • Cat
  • Gunting
  • Lem
  • Perlengkapan lain yang dibutuhkan

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Pertama-tama, Kamu perlu menentukan terlebih dahulu lukisan apa yang akan dibuat. Misalnya gambar tokoh, pemandangan, nuansa pedesaa, kaligrafi, dll, sesuai selera masing-masing.
  2. Setelah menentukannya, Kamu perlu menggambar pola-pola sesuai dengan gambar atau lukisan yang akan dibuat di atas papan triplek. Imajinasikan kira-kira pola apa saja yang dibutuhkan agar membentuk rangkaian lukisan.
  3. Jika pola sudah terbentuk, gunting-gunting pelepah pisang. Lalu tempelkan pelepah pisang sesuai dengan pola yang Kamu gambar sebelumnya.
  4. Selanjutnya jika lukisan sudah jadi, olesi dengan cat bening yang telah Kamu sediakan sebelumnya. Hati-hati saat mengoleskan cat bening agar tidak merusak lukisan dan pastikan mengecat secara rapi sesuai pola.
  5. Tahap terakhir, jika cat sudah kering, Kamu bisa pasang frame agar lukisan pelepah pisang makin cantik dan bisa dijadikan hiasan dinding.
Baca juga:   Kerajinan Resin

3. Tas

gambar tas kerajinan dari pelepah pisang
tokopedia.net

Selain dibuat bunga dan lukisan, pelepah pisang juga bisa Kamu sulap jadi tas unik dan ala-ala barang klasik.

Membuat tas dari pelepah pisang bisa jadi ide yang bernilai jual, jadi dapat Kamu jadikan sebagai peluang usaha nantinya. Apalagi cara pembuatannya tidak sulit.

Namun dalam pembuatan kerajinan pelepah pisang untuk menjadi sebuah tas membutuhkan tingkat kesabaran dan ketelatenan yang tinggi ya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Pelepah pisang kering
  • Pisau
  • Cat pernis
  • Benang Kasur
  • Warna sebagai finishing

Selain perlengkapan di atas, Kamu juga bisa menyiapkan printilan lainnya yang disesuaikan dengan tas yang ingin dibuat.

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Untuk dijadikan sebuah tas, Kamu perlu mengeringkan pelepah pisang terlebih dahulu dalam waktu 7 sampai 10 hari. Tujuannya agar kandungan air dalam pelepah pisang benar-benar kering.
  2. Setelah dipastikan kering, Kamu bisa mulai pembuatan rajutan dari pelepah pisang. Supaya tas yang Kamu buat bisa tahan lama dan tidak mudah rusak, lem bagian serat pelepah pisang, lalu ikan pakai benang kasur.
  3. Pembuatan tas bisa disesuaikan dengan selera, contohnya, Kamu bisa membuat bentuk tas seperti menganyam. Desain ini mudah diikuti, buat secara rapi dan rapat. Besar kecilnya tas juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Jika tas sudah selesai dibuat, sekarang Kamu bisa mengoleskan warna sesuai keinginan. Apabila ingin mempertahankan keunikannya, Kamu bisa memakai cat bening sehingga tidak perlu memberikan tambahan warna apapun.

4. Sandal

gambar sandal kerajinan dari pelepah pisang
teakpalace.com

Pernah kepikiran untuk bikin sandal dari pelepah pisang?

Ternyata pelepah pisang yang biasanya dibuang, bisa Kamu sulap menjadi sandal dan berguna sebagai alas kaki.

Membuat sandal dari pelepah pisang tentu saja menjadi sesuatu yang unik dan tidak dijual di pasaran.

Untuk pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda saat Kamu ingin membuat tas dari pelepah pisang, pastikan sudah menyiapkan pelepah pisang yang benar-benar kering.

Jadi Kamu bisa menyimak langkah-langkah pembuatannya sama seperti sebelumnya ya.

Oh iya, untuk alas sandal, Kamu bisa pakai gabus sandal atau gabus sejenisnya agar dalam penggunaannya lebih nyaman.

Membuat sandal dari pelepah pisang bisa disesuaikan dengan selera dan ide kreatif masing-masing orang.

Fyi, selain dipakai, kerajinan sendal dari pelepah pisang ini banyak juga yang menggunakannya sebagai hiasan dekorasi di rumah lhoh.

5. Tempat Pensil

gambar kotak pensil kerajinan dari pelepah pisang
kesekolah.com

Ide kreatif lainnya, kamu bisa membuat tempat pensil dari pelepah pisang agar peralatan menulis Kamu tidak berantakan di meja.

Pastikan pelepah pisang yang akan Kamu gunakan untuk membuat tempat pensil ini sudah tidak basah alias kering.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Pelepah pisang secukupnya
  • Biji-bijian
  • Lem
  • Gunting
  • Kertas karton (usahakan pakai yang tebal)
  • dll (sesuaikan dengan kebutuhan)

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Siapkan kertas karton, lalu bentuk seperti tempat pensil sesuai selera dan keinginan. Umumnya wadah pensil dibuat berbentuk tabung, untuk ukurannya juga bisa disesuaikan. Gunakan lem sebagai perekatnya.
  2. Jika sudah, sekarang gunting pelepah pisang sesuai dengan kertas karton yang sudah Kamu bentuk sebelumnya
  3. Selanjutnya, tempelkan pelepah pisang pada kertas karton secara rapi dan hati-hati.
  4. Untuk mempercantik tampilan tempat pensil pelepah pisang yang Kamu buat, bisa ditambahkan biji-bijian atau pernak pernik lainnya.

6. Tempat Tisu

gambar kerajinan dari pelepah pisang
failfaire.org

Pelepah pisang adalah bahan alam yang juga bisa Kamu gunakan untuk membuat tempat tisu klasik.

Kebanyakan tempat tisu yang ada saat ini terbuat dari plastik, jadi tidak ada salahnya Kamu coba bikin sendiri dengan memanfaatkan pelepah pisang.

Dalam pembuatannya bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan masing-masing ya.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Pelepah pisang kering secukupnya
  • Biji -bijian
  • Kardus bekas
  • Dedaunan
  • Lem kayu
  • Silet/ Pisau

Harga hasilnya nanti rapi, tips membuat tempat tisu ini Kamu perlu menyetrika terlebih dahulu pelepah pisang yang akan digunakan sebagai bahan utama.

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Pertama, sayat pelepah pisang secara tipis-tipis dan berhati-hati agar hasilnya rapi
  2. Keringkan kembali hasil sayatan, pastikan benari benar kering ya. Tips-nya, Kamu bisa menyetrika sayatan pelepah pisang ini agar lebih bagus hasilnya.
  3. Sembari menunggu pelepah pisang kering, Kamu bisa menyiapkan kardus yang akan digunakan sebagai tempat tisu. Untuk ukuran dan bentulnya bisa disesuaikan dengan keinginan Kamu.
    Namun, kami sarankan menggunakan kardus yang agak tebal, atau bisa juga pakai kertas karton ya.
  4. Jika sudah kering, sekarang tempelkan sayatan pelepah pisang tersebut ke kardus bekas yang sudah dibentuk. Tempelkan secara rapi dan presisi agar hasilnya maksimal.
  5. Sebagai finishing, bisa kamu cat bening agar terlihat mengkilap. Namun jika tidak mau, juga tidak masalah.

Intinya disini silahkah Kamu buat sekreatif dan sebagus mungkin agar hasilnya memuaskan dan enak dipandang.

Yeay, sudah jadi. Sekarang kamu sudah punya tempat tisu dari pelepah pisang yang tentunya unik.

Bisa Kamu letakkan di ruang tamu atau lainnya sesuai kebutuhan.

7. Dompet

contoh dompet kerajinan dari pelepah pisang
blogspot.com

Yuk bikin dompet dari pelepah pisang, pernah kepikiran?

Buat kalian yang suka dengan hal-hal kreatif, kali ini bisa coba untuk membuat dompet dari pelepah pisang kering.

Bingung gimana cara bikinnya? Tenang, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya disini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Pelepah pisang kering
  • Gunting
  • Benang nilon
  • Penggaris
  • Spidol/ bolpen
  • Lem Fox (boleh pakai lem lainnya, asalkan merekat sempurna)
  • Jarum renda
  • Pisau/ Silet
  • Alat meteran
  • Dalaman Dompet (siapkan yang sudah jadi)
  • Pernis kayu untuk finishing

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Pertama, belah pelepah pisang menggunakan silet atau pisau menjadi dua bagian, luar dan dalam
  2. Agar hasilnya lebih rapi, rapikan dengan gunting/ pisau, atau dapat juga menggunakan sikat
  3. Siapkan dalam dompet jika pelepah pisang sudah selesai dirapikan. Sebaiknya pakai dalaman dompet yang sudah jadi ya.
  4. Sekarang, ukur lebar dan panjang dompet (langkah ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan ukuran dalaman dompet agar lebih presisi)
  5. Potong pelepah pisang sesuai ukuran dompet
  6. Gunakan lem fox sebagai perekat, oleskan secara merata dan rapi
  7. Jika sudah selesai mengoleskan lem, sekarang tempelkan pelepah pada dompet. Sebagai hiasan tambahan, kamu bisa menempelkan lis dari rajutan benang nilon agar hasilnya makin kece.
  8. Setelah selesai temple menempel, tunggu beberapa saat agar pelepah menempel dengan sempurna.
  9. Kamu bisa menggunakan vernis untuk finishing supaya dompet pelepah pisang yang Kamu buat terlihat rapi.
Baca juga:   Kerajinan Dari Kaleng

Selesai! Sekarang Kamu sudah berhasil membuat dompet dari pelepah pisang dan sudah siap digunakan. Hehe.

8. Hiasan Rumah

gambar hiasan dinding kerajinan dari pelepah pisang
kobessa.id

Yuk, isi waktu luang Kamu dengan ide kreatif bikin hiasan rumah dari pelepah pisang.

Cara membuat hiasan dinding rumah dari serat atau pelepah pisang ini cukup mudah, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah disini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Pelepah pisang kering
  • Kuas
  • Gunting
  • Penggaris
  • Lem
  • Kertas Astro
  • Frame/ Figura
  • Pernis kayu untuk finishing

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Siapkan ide mau bikin apa, misalnya seperti kaligrafi, anyaman, kapal, dll
  2. Siapkah kertas astro/ karton yang akan digunakan sebagai alas. Potong sesuai keinginan atau kerajinan yang akan dibuat.
  3. Potong pelepah pisang, tempelkan pada kertas secara rapi dan hati-hati
  4. Gunakan pernis kayu untuk finishing

Contoh hiasan rumah dari pelepah pisang bisa Kamu lihat di contoh gambar di atas ya.

9. Meja

gambar meja kerajinan dari pelepah pisang
rajinlah.id

Kamu juga bisa memanfaatkan pelepah pisang untuk membuat kerajinan meja, sebagai perabotan rumah tangga.

Menurut para seniman, meja yang dibuat dari pelepah pisang ini justru lebih awet dan tidak mudah keropos.

Dalam pembuatannya membutuhkan banyak pelepah pisag kering. Teknik pembuatannya nanti dengan cara dianyam.

Untuk desain dan polanya bisa disesuaikan dengan selera Kamu. Fyi, kombinasikan dengan kayu dan kaca agar hasilnya lebih maksimal.

Buat kalian yang nggak mau ribet, sekarang sudah banyak penjual furniture yang memanfaatkan pelepah pisang sebagai bagian pembuatan meja.

10. Tempat Kado

gambar kerajinan dari pelepah pisang
blogspot.com

Bikin kotak kado yang lebih kreatif menggunakan pelepah pisang.

Kerajinan dari pelepah pisang kering ini juga bisa jadi ide unik lhoh, dan cara bikinnya juga tidak sulit, mirip seperti membuat kotak tisu (bisa di cek di atas ya).

Alat dan bahan yang dibutuhkan meluti pelepah pisang kering secukupnya, kardus bekas atau karton, dedaunan, lem kayu, silet/ pisau dan pernis untuk finishing.

Agar hasilnya lebih cantik, Kamu bisa menambahkan biji-bijian, pita atau aksesoris lainnya agar hasilnya terlihat bagus.

Contoh hasilnya bisa kamu cek di gambar.

11. Keranjang

contoh kerajinan dari pelepah pisang
tokopedia.net

Kerajinan dari pelepah pisang yang dibuat menjadi keranjang saat ini cukup populer, banyak yang menjadikannya sebagai peluang usaha.

Cara membuatnya, Kamu siapkan dulu pelepah pisang yang sudah kering.

Kemudian bikin ulir-ulir dari pelepah pisang tersebut yang nantinya bisa dibentuk keranjang.

Jumlah pelepah pisang yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan selera dan besar kecilnya keranjang yang akan Anda buat.

12. Kapal Mainan dari Pelepah Pisang

contoh kapal kerajinan dari pelepah pisang
kerajinanindonesia.id

Manfaatkan pelepah pisang  yang terbuang untuk membuat kapal mainan unik dan kreatif.

Namun untuk pembuatan kerajinan ini membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi dan agak sulit karena butuh ketelitian serta ketelatenan.

Saat ini sudah banyak lhoh pengrajin yang membuat kerajinan seperti ini dan dijual dengan harga terjangkau.

Jadi kalian yang kesulitan untuk bikin sendiri, bisa beli aja ya yang udah jadi. Hehe.

Akhir Kata

Nah, itulah macam-macam ide kreatif untuk membuat kerajinan dari pelepah pisang.

Ternyata dari bahan yang tidak berguna bisa dimanfaatkan untuk membuat sesuatu yang lebih bernilai ya?

Ide-ide kreatif di atas semoga bisa memberikan wawasan bermanfaat untuk pembaca, siapa tahu bisa mengisi waktu luang Anda dengan membuat kerajinan dari pelepah pisang.

Siva Nur Ikhsani Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *