selasar-loader

Cara Membuat Kaldu Ayam Agar Lebih Lezat dan Sehat

LINE it!
Mila Millis
Mila Millis
Blogger, Writer, Digital Marketer. My site : http://j-slm.org
Journal Apr 25, 2019

Kaldu bubuk ayam merupakan sari yang berasal dari tulang atau daging ayam dengan diperoleh dengan cara merebus tulang atau daging ayam tersebut. Saat ini banyak sekali kaldu bubuk ayam yang diproduk oleh berapa produsen terkenal dan memiliki cita rasa yang cukup lezat dan praktis. Namun tidak sedikit kaldu bubuk ayam yang dibuat menggunkan beberapa zat kimia yang dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan  bagi tubuh kita di masa yang akan datang. Oleh sebab tersebut, sebagian orang memilih untuk membuat kaldu bubuk ayam sendiri karena mempertimbangkan kondisi kesehatan mereka di masa yang akan datang. Namun sebagian orang bingung bagaimana caranya membuat kaldu bubuk ayam lezat dan sehat tanpa menggunkan bahan kimia yang berbahaya. Artikel ini akan menjelaskan resep dan cara pembuatan kaldu bubuk ayam tanpa bahan pengawet atau zat kimia yang berbahaya.

Pertama anda perlu menyiapkan beberap bahan pokok yang diperlukan untuk membuat kaldu bubuk ayam. Bahan pokok tersebut diantara lain, ialah daging ayam, sayap ayam, leher ayam, ceker dan tulang ayam. Dan jangan lupa untuk memilih bahan pokok yang segar dan memiliki kualitas yang baik. Hindari untuk menambahkan jeroan pada kaldu bubuk ayam karena akan berdampak pada kaldu bubuk ayam yang dihasilkan. Karena dapat menimbulkan rasa pahit dan tidak enak. Setelah bahan pokok terkumpul, anda dapat menambahkan bahan pelengkap seperti seledri, tomat, dan wortel. Selain itu anda dapat menggunakan bahan pelengkap juga seperti bawang putih, garam, batang bawang daun dan bawang merah.

Bahan pelengkap yang dibutuhkan:

  • Seledri 1 batang
  • Tomat 1 buah
  • Wortel 1 buah
  • Air sekitar 1 liter
  • Bawang daun 1 batang
  • Bawang putih secukupnya
  • Bawang merah secukupnya

Untuk lanjut pada tahapan pembuatan. Anda dapat memulai dengan mencuci semua bahan-bahan sampai semua bahan bersih, terutama pada daging ayam, sayap ayam, leher ayam, ceker dan tulang ayam. Setelah itu, rebus semua bahan pokok sampai warna air rebusan berubah warna. Anda dapat menambahkan garam dan sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya saat air rebusan belum mendidih. Agar rasa kaldu bubuk ayam lebih nikmat, memarkan tulang dan ceker ayam yang sudah direbus hingga sumsum tersebut keluar dan tercampur dengan rebusan. Aduklah rebusan tersebut dari awal sebelum mendidih agar semua bahan dapat tercampur rata. Selanjutnya tambahakan bahan pelengkap lain dan tunggu dalam waktu kurang lebih 15 menit. Sesudah itu matikan kompor lalu saring air rebusan agar bahan-bahan yang lain terpisah dari hasil rebusan yang telah dibuat. Untuk mengahasilkan kadar lemak yang rendah pada kaldu bubuk ayam. Dengan menambahkan es batu untuk memisahkan lemak berlebih pada kaldu bubuk ayam.

17 Views

Author Overview


Mila Millis
Blogger, Writer, Digital Marketer. My site : http://j-slm.org