selasar-loader

We Stand On KPU Side!

LINE it!
Andi  Aulia R
Andi Aulia R
Ketua BEM Universitas Indonesia 2015
Journal Jul 14, 2014

Kawan, saat ini adalah kondisi yang bisa dibilang cukup memprihatinkan bagi bangsa kita. Aroma perpecahan diantara para pendukung capres yang sudah dimulai sejak masa kampanye kemarin, sekarang sudah mulai terasa memuncak.

Hari dimana seharusnya kita sudah lega karena telah menikmati demokrasi dengan mencoblos capres pilihan kita di TPS, berubah menjadi ‘panas’ ketika dua capres mendeklarasikan kemenangannya pada sore harinya. Mereka mengklaim kemenangan mereka versi Quick Count lembaga survey masing-masing.

Saya yakin bukan hanya saya yang capek melihat dinamika bangsa kita selama beberapa bulan terakhir ini. Namun, kamu yang sedang membaca tulisan inipun rasanya sama dengan saya.

Setiap kita menyetel televisi, membaca koran, melihat TL twitter, semuanya penuh dengan saling hajar antara dua kubu.

Lantas, apa yang harus kita lakukan?

KPU, sebagai lembaga penyelenggara pemilu di negara kita, akan menetapkan perolehan suara capres secara resmi pada tanggal 22 Juli 2014. Itu artinya masih ada waktu kurang lebih 10 hari lagi menjelang penetapan tersebut.

Dalam kondisi yang krusial seperti saat ini, saya tekankan bahwa semua elemen masyarakat seharusnya berada di ‘belakang’ KPU. Sekarang saatnya, “We Stand on KPU side, bro!”

Kita harus pastikan bahwa ketika 22 Juli 2014 itu benar-benar datang, kita adalah orang pertama yang mendukung Real Count KPU. Kalau tidak, percayalah bahwa perpecahan di tubuh bangsa ini tinggal menunggu waktu. Coba kita bayangkan apa yang terjadi kalau 22 Juli nanti tidak ada yang #DukungKPU? Bisa chaos negeri ini.

Sebagai kaum intelektual, saya mengajak rekan-rekan mahasiswa dan tentunya masyarakat secara umum, untuk bersatu-padu, satu suara berada di ‘belakang’ KPU. Inilah satu-satunya jalan yang dapat kita tempuh demi menjaga persatuan nasional. Tidak ada jalan lain.

Saya dalam hal ini tidak mengajak rekan-rekan untuk tidak percaya dengan Quick Count, tidak! Saya percaya akan ilmu statistik. Namun, di sini saya mengajak rekan-rekan untuk menghormati proses demokrasi yang tengah berjalan. Ada lembaga KPU yang telah mendapatkan mandat oleh Undang-undang untuk melakukan penghitungan suara secara resmi.

Seruan untuk mendukung KPU ini juga menekankan agar KPU tetap menjaga independensinya dan bekerja secara profesional tanpa adanya intervensi dari pihak manapun.

Semoga dengan dukungan kita untuk KPU, menjadi bukti bahwa di ‘belakang’ KPU ada People Power, ada masyarakat yang siap menghadang para perusuh yang kalau-kalau setelah penetapan KPU nanti, jagoannya kalah, mereka akan memporak-porandakan negeri ini.

Hari-hari menuju 22 Juli 2014 tentu akan menjadi hari-hari yang sangat menentukan. Apapun hasilnya, sekali lagi saya tekankan bahwa kita harus percaya pada KPU. Dukungan moril dari masyarakat adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh KPU. Agar apa? Agar KPU sadar bahwasanya di belakang mereka ada kita! Ya, ada kita! Kita yang senantiasa berharap akan Indonesia yang lebih baik dengan pemimpin yang baik pula.

Terserah Anda ada di pihak mana, tapi satu hal, “We Stand on KPU Side” adalah Harga Mati!

 ***

Petisi "Hentikan Segala Bentuk Klaim Kemenangan dalam Pilpres dan Dukung KPU Tetap Independen!" di bit.ly/DukungKPU

305 Views

Author Overview


Andi Aulia R
Ketua BEM Universitas Indonesia 2015