selasar-loader

Data Facebookmu Dicuri? Ini Notifikasinya!

LINE it!
Andara  Geofani
Andara Geofani
Suka membaca, Engineer, Hobi Makan
Journal Apr 11, 2018

y27JISbMxHr8cZAxfg8TlrHIcvwcRJaL.jpg

Setelah beberapa minggu belakangan Facebook ramai dibicarakan karena masalah keamanan data penggunanya, kini beredar kabar bahwa ada 1 juta pengguna Facebook di Indonesia yang datanya juga “dicuri” Cambridge Analytica. Yakin akun Facebook kamu bukan salah satunya?

Cek Akun Facebookmu sekarang juga!

Mulai tanggal 9 April 2018, Facebook akan memberikan notifikasi di halaman newsfeed Facebookmu lengkap dengan tombol baru untuk mengubah pengaturan privasi akun kamu.

Notifikasi tersebut tidak hanya muncul pada akun-akun yang penggunanya terdeteksi dicuri oleh Cambridge Analytica, tetapi kepada seluruh pengguna.

Jika ternyata akun Facebook kamu adalah salah satu yang datanya dicuri, Facebook akan memberikan notifikasi dengan tombol tambahan berupa “See How You’re Affected”. Tombol ini bisa kamu klik untuk mendapatkan informasi selanjutnya.

Sedangkan jika akun kamu aman dari kasus pencurian data tersebut, akan ada tombol lain yang patut kamu perhatikan, yakni “Go to Apps And Websites”.

Hal lain yang harus kamu tahu adalah tampilan notifikasi yang muncul akan berbeda di tiap pengguna.

Jika akun kamu adalah termasuk dari 1 juta orang yang dicuri datanya, akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

qg5H1Dpwv_NnO9yopC8wryV7DppyymuL.jpg

Sedangkan jika akun kamu termasuk dalam kategori akun yang aman, tampilan notifikasi akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

rxpZAWMd77qFi1hOO42F8sYAoYkJn4gz.jpg

Adanya fitur yang diberlakukan Facebook ini tidak hanya berfungsi untuk mengetahui tingkat keamanan data pada akun Facebook kamu, kamu juga bisa memastikan aplikasi mana saja yang terhubung dengan akun Facebook kamu dan informasi pribadi apa saja yang diakses aplikasi tersebut.

Jika kamu merasa sudah tidak membutuhkan atau mengingingkan aplikasi tersebut, kamu bisa mengatur dengan menghapus hubungan akun Facebookmu dengan aplikasi tersebut.

Facebook juga kini akan rutin menghapus riwayat telepon melalui penggunaan Messenger atau Facebook Lite setelah berumur setahun. Facebook kini berkomitmen hanya akan menerima daya yang memang dibutuhkan untuk menjalankan fitur ini saja, bukan informasi detail panggilan pengguna, seperti waktu panggilan.

Setelah kamu memastikan akun Facebook kamu aman, jangan lupa ajak keluarga dan teman kamu untuk mengecek keamanan akun mereka juga. Jangan sampai kamu dirugikan karena data-data tentang dirimu dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

839 Views