selasar-loader

Durian: Buah Duri Berkhasiat

LINE it!
Juwito Purnomo
Juwito Purnomo
RUMAH KEPEMIMPINAN REGIONAL 6 MEDAN ANGKATAN 8
Journal Apr 3, 2018

aTfPIWeZAaryAR9UWh3E7okIbJYnf3xI.jpg

Sumber foto: rockingrawchef.com

Siapa yang tidak kenal dengan buah berduri yang memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat bagi penikmatnya? Buah ini sangat ditunggu kehadirannya saat masa panen yang hanya satu sampai dua kali dalam setahun. Benar saja, buah ini adalah buah durian.

Durian hanya dibudidayakan dibeberapa negara seperti Thailand, Filiphina, Australia, Kamboja, Laos, Vietnam, Indonesia, India dan Sri Langka. Dari 9 negara yang ada, satu-satunya negara yang paling banyak pohon duriannya adalah Indonesia. Pohon durian ini sangat subur di tanah Indonesia. Seperti yang dimuat dalam Intisari-Online.com, dikatakan bahwa “Indonesia adalah surganya Durian di Dunia”.

Di Indonesia, durian memiliki beragam jenis karena berasal dari daerah yang berbeda-beda. Di antaranya durian Monthong, durian Petruk (Jepara, Jawa Tengah), durian Bokor (Majalengka, Jawa Barat), durian Bawor (Banyumas), durian Candimulyo (Magelang, Jawa Tengah), durian Tembaga (Kampar, Riau), durian Matahari (Bogor, Jawa Barat), durian Miming (Banjarnegara, Jawa Tengah), durian Merah (Jawa Timur), durian Ajimah (Bogor), durian Pelangi (Manokwari Papua Barat), durian Sunan (Boyolali, Jawa Tengah), durian Raja Udang, durian Otong dan durian Terong (Sanggau, Kalimantan Barat).

Dari banyaknya jenis durian yang ada, tentunya secara keseluruhan durian ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dalam 100 gram daging buah durian mengandung 147 kalori. Angka ini menunjukkan tingginya kadar kalori dalam buah durian dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Durian juga memiliki kadar gula alami seperti fruktosa dan sukrosa yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga mampu mengembalikan energi lebih cepat. Dan kandungan potasium yang ada dalam durian dapat membantu mengurangi rasa lelah. Sangat cocok bila dikonsumsi bagi para atlet.

Banyaknya serat pangan pada buah durian dapat melindungi membrane sukrosa usus dari paparan racun dan mengikat senyawa kimia penyebab kanker. Serat pangan dalam durian juga berperan dalam melancarkan pencernaan .

Kandungan potasium yang tinggi bermanfaat untuk mengatur detak jatung, mengatur gerakan otot keseluruh tubuh, memperlancar aliran darah ke sistem yang lain dan mengontrol kadar sodium dalam darah. Apabila kebutuhan potasium telah tercukupi maka tekanan pada pembuluh darah akan berkurang sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

Durian juga mengandung lemak mono tak jenuh yang berperan dalam kesehatan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Mengonsumsi durian ternyata juga dapat mengatasi insomnia. Hal ini terjadi karena durian mengandung triptofan,yakni senyawa asam amino yang dapat merangsang rasa kantuk yang alami. Triptofan masuk kedalam otak diubah menjadi serotonin oleh tubuh  sehingga menimbulkan rasa nyaman dan bahagia.

Nah, tentunya masih banyak lagi manfaat yang terdapat dalam buah yang satu ini. Sangat dianjurkan bagi Anda yang belum pernah mencoba makan durian dengan alasan tidak suka dengan aromanya atau rasanya yang aneh, tapi ketahuilah bahwa buah durian ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tetapi ingat! Anda juga harus tetap memeperhatikan kadar tertentu dalam mengonsumsi durian agar dapat menjaga kestabilan dalam pencernaan di dalam tubuh,

Sumber : https://www.webkesehatan.com/kandungan-durian-manfaat-kesehatan/

69 Views