selasar-loader

Tips Agar Tetap Produktif Bekerja di Musim Hujan

LINE it!
Jobplanet Indonesia
Jobplanet Indonesia
Platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar karier dan dunia kerja
Journal Oct 23, 2017

b3K2trCksiD9nnUyDEIloNhsY4Okleec.jpg

Datangnya musim hujan disambut oleh sebagian besar masyarakat, terutama pekerja, dengan penuh kekhawatiran. Pasalnya, produktivitas kerja mereka kerap terganggu oleh berbagai dampak yang ditimbulkannya. Mulai dari kemacetan, banjir, hingga masalah kesehatan. Ketiga permasalahan ini biasanya sukses memengaruhi semangat kerja serta menurunkan kinerja karyawan di kantor.

Meski demikian, ada banyak hal yang bisa dipersiapkan agar musim hujan tidak menghalangi aktivitas sehari-hari Anda sebagai seorang pekerja. Nah, berikut ini tips dari Jobplanet agar Anda tetap produktif bekerja selama musim hujan:

1. Bawa perlengkapan musim hujan

 

ksYLmM229UdhF6ujah7AdDyqrw-tnnNo.jpg

Memasuki musim hujan, sangat disarankan agar Anda selalu membawa payung serta jas hujan di dalam tas atau kendaraan pribadi Anda. Saat berangkat dan pulang bekerja, kenakan jaket yang cukup tebal, yang terbuat dari bahan anti air, untuk melindungi tubuh agar tetap kering dan hangat. Anda juga bisa membawa handuk kecil untuk mengeringkan bagian yang terkena hujan, atau kantong kedap air untuk membungkus tas atau barang-barang berharga.

Dalam kondisi seperti ini, lupakan dulu soal tampil modis. Jika Anda naik kendaraan umum, tak ada salahnya untuk sementara mengenakan sandal atau sepatu sederhana, tetapi nyaman, sedangkan heels yang jadi andalan Anda bisa disimpan dulu di dalam tas hingga nanti tiba di kantor.

Meski terpaksa harus membawa lebih banyak barang, kerepotan ini akan terbayar karena hujan tak akan jadi penghalang Anda lagi untuk tetap produktif bekerja.

2. Berangkat kerja lebih awal

n59BWfVD02doKHkrsPKUnPlmog0NTk0b.jpg

Untuk mengantisipasi cuaca yang buruk, ada baiknya Anda berangkat kerja lebih awal. Hujan yang turun di pagi hari bisa menjadi penyebab Anda terlambat sampai di kantor. Pasalnya, genangan air akibat hujan kerap menimbulkan kemacetan parah—terutama di Ibu Kota. Belum lagi ditambah dengan sulitnya mendapatkan transportasi umum.

Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk berangkat kerja lebih awal, Anda bisa mencoba mencari rute-rute alternatif yang aman dari genangan air serta kemacetan.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh

HWZnEA-aE91Fnw0GB53MMEBeQl3hTAot.jpg

Datangnya musim hujan biasanya diiringi dengan munculnya sejumlah penyakit. Supaya tidak mudah jatuh sakit yang akhirnya mengganggu produktivitas kerja, Anda perlu berwaspada dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain mengonsumsi suplemen multivitamin, jangan lupa untuk menjaga pola makan Anda dengan asupan yang bergizi, serta lengkapi dengan olahraga rutin. Waktu istirahat juga jangan disepelekan.

Atur pola tidur Anda sebaik mungkin agar pikiran tetap fresh saat bekerja. Kalau Anda memegang prinsip work hard sekaligus work smartAnda pasti tak akan lupa mengistirahatkan tubuh dan pikiran guna menjaga produktivitas kerja.

4. Jaga kebersihan lingkungan

-Tc-TPkntSGcAIFn3rM6qhf5Z-hrAf0C.jpg

Selain menjaga tubuh agar tetap sehat dari dalam, Anda juga perlu menjaga kesehatan dari luar. Di manapun Anda berada, sangat penting untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, khususnya di musim hujan yang rawan akan berbagai macam penyakit.

Anda bisa memulainya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin, serta  memerhatikan dan membersihkan tempat-tempat di lingkungan tempat tinggal yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Misalnya, bak mandi atau ember. Tak hanya di rumah, kebersihan lingkungan kantor juga merupakan tanggung jawab Anda bersama rekan-rekan kerja. Untuk itu, tak ada salahnya saling mengingatkan demi kesehatan bersama.

5. Kelola stres

oLV7XCZoXzt8KhdncgNrcDsQAVLMs_ZC.jpg

Berbagai persoalan yang timbul akibat hujan membuat para karyawan lebih rentan mengalami stres. Misalnya, karena terjebak macet akibat banjir, pakaian yang basah saat tiba di kantor, atau ketika ditegur atasan karena datang terlambat. Semuanya bisa dengan mudah merusak mood karyawan, yang jika diperparah dengan tekanan pekerjaan, maka bisa berujung stres.

Selain mengubah pola hidup jadi lebih sehat, kunci utama mengelola stres adalah dengan belajar mengendalikan pikiran. Selama selalu berpikir positif, Anda tak akan mudah terpancing oleh persoalan-persoalan kecil.

Meskipun musim hujan mendatangkan banyak tantangan, bukan berarti Anda tidak dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Bahkan, jika cuaca benar-benar tidak memungkinkan untuk pergi ke kantor, dengan mengikuti tips pada poin ketiga hingga kelima di atas, Anda tetap dapat produktif bekerja secara remote.

Tetap semangat! Jangan sampai Anda kalah dengan musim hujan!

391 Views

Author Overview


Jobplanet Indonesia
Platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar karier dan dunia kerja