selasar-loader

Bisnis Impor Daging Sapi, Peternak Rakyat, dan Ketahanan Pangan Indonesia

LINE it!
Hanifah Nisrina C
Hanifah Nisrina C
Co-founder, Field Researcher @Bantuternak | Rumah Kepemimpinan Batch 8
Journal Aug 2, 2017

Z0QX28rb_CJNWLVR0k5Gp7eg4rO1J1gp.jpg

Bisnis impor daging menjadi bisnis yang menarik di Indonesia. Indonesia memiliki pangsa pasar daging sapi terbesar di Asia Tenggara. Saat ini, kebutuhan daging sapi sekitar 670 ribu ton per tahun. Sementara itu, produksi daging lokal hanya sekitar 440 ribu ton. Sekitar 230 ribu ton dipenuhi oleh impor, terutama kebutuhan impor daging sapi.

Daging sapi merupakan salah satu komoditas pangan yang selama ini memberikan andil terhadap pemenuhan gizi masyarakat, khususnya protein hewani yang sangat dibutuhkan dalam menopang pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Bagaimana tidak? Jenis komoditi makanan yang memiliki pengaruh terbesar terhadap nilai garis kemiskinan di perkotaan maupun di perdesaan, salah satunya, adalah daging sapi. Pada September 2016, tercatat bahwa nilai tersebut mencapai angka 73,19%.

Saat ini, program usaha dari pemerintah untuk memenuhi upaya pemenuhan kebutuhan gizi protein hewani dengan cara digalakkannya peningkatan ternak skala rumah tangga terbukti membawa perubahan yang signifikan, terutama bagi peternak rakyat. Bisnis ternak sapi potong skala rumah tangga telah marak digerakkan dengan cara konvensional.

Peternak sapi potong kelas rumah tangga pun mampu mengembangkan usahanya dengan keuntungan yang memadai. Namun sayangnya, program tersebut masih saja tidak mampu memenuhi kebutuhan protein hewani. Begitu juga dengan upaya bisnis impor daging sapi. 

Hal tersebut dapat dibuktikan melalui data statistik Outlook Daging Sapi. Sampai tahun 2015, Indonesia masih menyuplai kebutuhan daging dengan impor. Impor daging sapi tertinggi mencapai 246.609 ton atau setara dengan US$ 681,229 juta. Pernah terjadi di tahun 2014, hal ini disebabkan ketersediaan daging tidak mencukupi untuk kebutuhan rakyat Indonesia.

Hal yang membuat dilema adalah kecenderungan pengurangan impor daging sapi membuat harga daging sapi di pasaran mengalami kenaikan karena daging lokal dari luar Jawa, khususnya kawasan timur Indonesia, tidak dapat memenuhi kebutuhan daging sapi di Pulau Jawa. Oleh karena itu, harga daging menjadi tinggi.

Selain itu, di tempat lain, ribuan peternak rakyat dan peternak mandiri modalnya makin tergerus oleh harga jual yang berada di bawah biaya produksi. Mimpi Indonesia untuk mandiri pangan hewani pun sampai sekarang masih menjadi angan-angan dan wacana.

Upaya-upaya yang telah dilakukan berupa penggalakan ternak skala rumah tangga dengan sasaran peternak rakyat dan impor daging sapi tentunya perlu dikaji kembali. Mengapa masih banyak kendala dalam pemenuhan protein hewani melalui daging sapi secara impor maupun industri skala rumah tangga?

Penghapusan impor daging sapi hingga sekarang belum merupakan upaya efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut karena berbagai kendala dan masalah yang dihadapi, mulai dari hulu hingga ke hilir, termasuk dalam sistem distribusi sapi masih belum tertata dengan baik. Dengan demikian, impor sapi dan produknya masih dibutuhkan untuk menjaga agar terjadi pertumbuhan populasi sapi potong di Indonesia.

Di samping itu, upaya yang dilakukan dalam stabilisasi harga daging sapi dan menciptakan pasar daging domestik agar lebih kompetitif tetap diperlukan. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa pemberdayaan maupun skill up usaha dari peternak kecil konvensional, seperti peternak rakyat, dalam mengembangkan usahanya di sektor sapi potong dapat menjadi penunjang dalam memenuhi kebutuhan daging sapi Indonesia.

Referensi :
Suryani, R. 2015. Outlook Komoditas Daging Sapi 2015. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Sistem Pertanian.
Utama, A. 2015. "Penelitian FAO: 19,4 Juta Penduduk Indonesia Masih Alami Kelaparan". Diakses pada 1 Agustus 2017 di http://www.voaindonesia.com/a/pemelitian-fao-sembilan-belas-koma-empat-juta-penduduk-indonesia-masih-mengalami-kelaparan/2817021.html

Sumber gambar:  agribisnis.co.id

504 Views
Sponsored