selasar-loader

Beberapa Usaha yang Bisa Dijalankan Saat Kuliah

LINE it!
Panji  Pratomo
Panji Pratomo
Mahasiswa Komunikasi UIN SUSKA RIAU
Journal Apr 5, 2017

tdYTpOC1yFw_mvNtACzOiCCK1GBLou4i.jpg

Enterpreneurship via Digital Branding Institute

Menjadi seorang wirausahawan adalah impian setiap insan manusia. Terlebih lagi menjadi seorang enterpreneurship yang bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Mental berwirausaha harus ditanamkan sejak dini pada diri kita, terutama seorang mahasiswa/i.  

Saat ini, ijazah saja tidak cukup untuk mendapatkan sebuah pekerjaan bila tidak dibekali dengan skill dan kemampuan. Keinginan untuk berwirausaha itu dimiliki hampir setiap manusia, termasuk para mahasiswa/i.

Namun, kesibukan menjadi seorang mahasiswa/i mengalahkan kesibukan lainnya, baik itu tugas dosen maupun kegiatan kampus lainnya, seperti berorganisasi dan sebagainya.

Saya akan memaparkan beberapa usaha guna menghasilkan rupiah yang bisa dijalankan saat kuliah. Ditinjau dari pengalaman pribadi saya dan tidak mengganggu status sebagai seorang mahasiswa/i.

1. Beternak

dQGpmfB2cJ-Kazy3idrxs3HWri28KCxX.jpg

Beternak bisa menjadi usaha yang dijalankan saat kuliah. Saya merekomendasikan ternak hewan, seperti ayam kampung, bebek, entok, dan lele. Usaha sebagai peternak hewan tidak memakan waktu lama sehingga kita hanya bekerja saat waktu makan hewan ternak tiba, seperti pagi dan sore. Waktu untuk memberi makan pun relatif cepat, hanya sekitar 20-30 menit. Sisanya, kita bisa kembali menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa/i.

2. Berjualan Online

NOlvlQIl2sUNqKeEE1aC-vgnGXBghn2C.jpg

Sebagai seorang mahasiswa/i, era digital seperti ini seharusnya dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal positif dan menghasilkan. Saat ini, berjualan secara online menjadi tren di era teknologi. kita hanya bermodalkan gadget atau smartphone untuk menjalankan bisnis ini. Hal ini sangat efektif dijalankan mahasiswa/i. Selain efisiensi waktu, kita tidak perlu lapak untuk melakukan transaksi jual beli. Menarik, bukan?

3. Membuka Usaha Fotocopy

Dlo24t2e90GcKj0WQVpNcNkKzGMcJ4H5.jpg

Mahasiswa identik dengan tugas, proposal, dan skripsi. Fenomena ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha fotocopy di sekitar kampus. Usaha ini cukup menjanjikan karena saat perkuliahan, setiap mahasiswa pasti membutuhkan jasa fotocopy, seperti mengcopy tugas, mencetak kartu rencana studi, dan membeli perlengkapan alat tulis.

4. Jasa ojek mahasiswa/i

zAQb2wczfag9qD5_vrUGE7IuS-WtcYx2.jpg

Alternatif lain untuk berwirausaha saat kuliah adalah jasa antar jemput atau ojek mahasiswa/i. Namun, usaha ini hanya bisa dijalankan bagi yang memiliki kendaraan pribadi. Tarif biasanya akan lebih murah karena disesuaikan dengan kantong mahasiswa/i.

Usaha-usaha di atas hanyalah segelintir dari yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa/i. Bukan hal yang tidak mungkin kita bisa berbuat lebih daripada beberapa contoh di atas.

Hal yang terpenting adalah jangan melalaikan kewajiban utama kita sebagai mahasiswa/i. Usaha-usaha itu hanya sebagai penunjang mental agar setelah lulus kita tidak kaku terhadap dunia kerja. Selain itu, kita juga dapat masukan tambahan dalam segi finansial, bukan?

488 Views