selasar-loader

Apa hukum buka puasa bersama di tempat ibadah agama lain?

LINE it!
Answered Jun 09, 2017

Islami.co Indonesia
menyebarluaskan informasi dan gagasan yang mendukung toleransi dan kedamaian

EAcLC5MNb9YkGA9JXcxBoPnDelE_VOAb.jpg

Beberapa waktu lalu, tepatnya Kamis (16/06/16), kegiatan buka puasa bersama lintas iman yang akan dihadiri Ibu Sinta Nuriyah, isri Gus Dur, batal dilaksanakan di Gereja Katolik Kristus Ungaran. Hal ini disebabkan aksi penolakan dari Front Pembela Islam (FPI). Akhirnya kegiatan buka puasa lintas iman tersebut terpaksa dipindahkan ke Balai Kelurahan Pudakpayung, Semarang, Jawa Tengah. Untungnya, panitia penyelenggara acara tersebut dewasa menanggapi penolakan sebagian ormas di atas.

Lalu, pertanyaannya, bagaimana sebenarnya hukum fikih menanggapi hal ini?

Untuk menjawab permasalahan buka puasa di tempat ibadah agama lain, kita perlu terlebih dulu mengetahui hukum shalat di gereja atau di tempat ibadah agama lain. Secara umum, ulama sepakat bahwa shalat di gereja atau tempat ibadah agama lain itu sah selagi tempatnya dipastikan suci, sebagaimana disampaikan Imam Ibnu Abdil Bar dalam kitab at-Tamhid lima fil Muwatha minal Ma’ani wal Asanid (Juz 5, hlm 229). Namun demikian, mayoritas ulama hanya menganggap makruh shalat di tempat ibadah agama lain yang di dalamnya terdapat lukisan dan gambar.

Lembaga Fatwa Mesir atau Darul Ifta al-Mishriyah mengutip kisah sahabat Umar yang pernah melakukan shalat di gereja yang diceritakan oleh Ibnu Khaldun dalam kitab Mukadimah-nya. Pada waktu itu, sahabat Umar memimpin pembebasan Baitul Maqdis. Kebetulan sahabat Umar sedang mampir di salah satu gereja di Baitul Maqdis. Tidak berselang lama, tiba saatnya waktu shalat.

Uskup gereja itu pun menawarkan tempat khusus di dalam gereja untuk Umar melakukan shalat. Namun Umar lebih memilih shalat di loteng gereja. Konon, Umar melakukan demikian agar umat Muslim tidak latah melakukan shalat di tempat ibadah agama lain tanpa ada sebab. Lantas bagaimana dengan buka puasa di tempat ibadah agama lain? Ada tiga hal yang perlu diperhatikan.

Selengkapnya baca di sini.

 

Sumber foto: Islami.co

322 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored