selasar-loader

Faktor apa sajakah yang mendasari anak menggunakan narkotika? Bagaimana cara menanggulanginya?

LINE it!
Answered Jun 08, 2017

Hari Nugroho
Researcher at Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience

XK5uY38dKPjyT6r0BodiHayzq54HL6iS.jpg

Kecanduan maupun penyalahgunaan zat adalah hasil dari intervals kompleks antara berbagai faktor. Tak melulu faktor psikososial, faktor biologi juga memegang peranan yang tak boleh diremehkan. 

Seperti kita ketahui, adiksi adalah penyakit otak, yang diserang dan dimanipulasi adalah otak. Otak punya peranan yang sedemikian penting. Nah pada anak dan remaja otak juga masih dalam taraf perkembangan, otak bagian depan misalnya, belum berfungsi sebagaimana otak dewasa, padahal otak bagian depan memegang fungsi yang sangat penting, yaitu fungsi eksekutif, menimbang, menganalisa, dan memutuskan sesuatu. Adanya narkoba akan menggangu fungsi ini, sehingga wujud perilakunya adalah anak sering tanpa berpikir panjang langsung menerima tawaran memakai narkoba.

Faktor biologi lainnya adalah genetik. Pada anak-anak yang mempunyai gen kecanduan dari orang tuanya, mempunyai risiko lebih besar dari pada teman-temannya untuk mengalami kecanduan, terutama jika berinteraksi dengan stressor psikososial. Inilah yang oleh para ahli disebut gen by environment interaction.

Faktor psikosial jangan dilupakan, pada anak dan remaja peer pressure memegang peranan penting. Teman dapat menjadi risk factor maupun protective factor. Juga perkembangan psikologi anak dan remaja yang seeking adventure dan taking risk, membuat mereka sering penasaran untuk mencoba melakukan perilaku berisiko termasuk narkoba.

Faktor lainnya adalah bad parenting yang dilakukan oleh orang tua. Pola asuh dan pola komunikasi dalam keluarga berperan dalam membentuk resiliensi terhadap penggunaan narkoba, jika orang tua tak mengkoreksi pola komunikasi dan pola asuhnya, bukan tak mungkin anak akan terjerumus dalam perilaku berisiko.

Marilah bersama-sama mengajarkan anak untuk mengekspresikan perasaannya, bersikap asertif dan bangunlah critical thinkingnya. Bangun komunikasi yang baik, jangan mengedepankan ego orang tua, dengarkan pendapat anak dengan baik, diskusikan masalah yang mereka kemukakan.

Semoga anak-anak kita terlindungi dari bahaya drug abuse 

#stopnarkoba 

 

sumber gambar: beritacenter.com

486 Views
Write your answer View all answers to this question