selasar-loader

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan dari ayah Anda?

LINE it!
Answered Jun 08, 2017

Orang yang paling banyak memberikan kita nasihat sebagai bekal hidup adalah sosok ibu dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, ayah terkesan lebih sibuk dengan pekerjaannya tanpa menghiraukan keberadaan kita. 


Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

QMZMR0ATBsYWs9ZarE-eSFr9wPbUDEdd.png

"Sing penting aku wes nandur winih sing apik, mugo-mugo aku iso panen hasile"

"Yang penting saya sudah menanam benih yang baik, semoga saya bisa memanen hasilnya."

Kalimat tersebut adalah kalimat yang diucapkan oleh bapak saya -rahimahullah- saat dirawat di rumah sakit kurang lebih satu bulan yang lalu. Tiga pekan kemudian bapak saya wafat, sehingga kalimat tersebut menjadi warisan yang menurut saya paling berharga.

Bapak saya -rahimahullah- semasa hidupnya senantiasa berusaha berbuat baik, terlepas dari segala kekurangannya. Saya masih ingat di bulan ramadhan, terutama menjelang lebaran, salah satu kebiasaan yang dilakukan adalah memberikan santunan berupa beras dan sedikit uang kepada masyarakat miskin di sekitar rt/rw tempat kami bernaung. Pun ketika ada pembangunan masjid di sekitar lingkungan kami, bapak selalu bersemangat untuk menyumbang, entah berupa semen, keramik atau lainnya.

Saking baiknya sama orang, kami anak-anaknya terkadang sebal, dan merasa tersisihkan, apalagi ketika mengetahui ada yang memanfaatkan kebaikan bapak saya. Namun itulah sosok bapak, selalu berusaha menebar benih kebaikan, mungkin hasilnya tak langsung dipetik, namun akan menjadi keberkahan sendiri kelak.

Menebar benih kebaikan, menolong orang lain, janganlah ditunda-tunda. Jika ada niat yang baik, segera lakukan, karena penyesalan datang belakangan, karena maut tak pernah terhadang. Tak ada ruginya berbuat baik, kebaikan tak akan menutup pintu rizki, justru akan membuka pundi-pundi manfaat baik di dunia maupun akhirat. Di dalam agama pun diajarkan untuk bersegara dalam kebaikan.

Insya Allah segala kebaikan yang telah kita lakukan dan yang akan dilakukan bakal menjadi tabungan yang dapat menolong kita di hari pembalasan dan penghakiman. Mulailah dengan senyum dan wajah ceria, karena keceriaan wajah dan senyuman termasuk dalam akhlak yang baik serta perwujudan berbuat baik kepada orang.

Sudahkah Anda melakukan kebaikan hari ini?

Mengenang 14 hari meninggalnya Bapak Hardjito, semoga Allah merahmati dan menghindarkan dari siksa kubur serta siksa api neraka karena benih kebaikan yang telah engkau sebar dan tanam.

 

sumber gambar: idntimes.com

236 Views
Write your answer View all answers to this question