selasar-loader

Jika didasarkan pada aturan Islam, kapan waktu yang tepat untuk dilaksanakan salat tarawih?

LINE it!
Answered Jun 08, 2017

Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

2YYLTBX04PLkL3ySmhF8ZTetr7Pe8qOj.jpg

Tidak ada aturan yang baku terkait hal ini. Akan tetapi, dalam beberapa riwayat, qiyamullail yang dilaksanakan Rasulullah adalah sepertiga malam terakhir.

Dalam tata cara tidur, Rasulullah diriwayatkan dari Abu Barzah radhiyallahu ‘anhu, “Bahwasanya Rasulullah SAW membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” [Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647(235)].

Bahkan dalam kisah hidup Rasulullah, ketika ada hal yang harus dibicarakan pada malam hari, maka adzan isya dikumandangkan sedangkan iqomat diakhirkan setelah selesainya hajat masyarakat dengan artian setelah salat isya berjamaah tidak ada aktivitas lain selain istirahat.

Dari riwayat ini, kita bisa menyimpulkan bahwa Rasulullah selalu melakukan salat qiyamullail di akhir malam setelah tidur, bukan sebelum tidur.

Akan tetapi, sebagaimana diriwayatkan bahwa tarawih yang pertama sekali dilaksanakan pada masa Umar bin Khattab. Ketika itu, Umar memerintahkan agar tarawih dilakukan berjama'ah di masjid yang diimami pertama sekali oleh Ubay bin Ka'b. Di sinilah awal mulanya tarawih dan awal mulanya dilakukan salat tarawih di awal malam. Alasannya, dikhawatirkan banyak umat Islam yang lalai untuk melaksanakannya.

 

sumber gambar: sidomi.com

244 Views
Write your answer View all answers to this question