selasar-loader

Jika Anda menjadi seorang dokter, apa yang akan Anda lakukan jika pasien Anda sangat membutuhkan operasi namun tidak memiliki biaya?

LINE it!
Answered Jun 06, 2017

Tarash Burhanuddin
Calon dokter dari Usakti

46pzDLqZd0_VMkwZAs4_q85877EzGTrF.jpg

Jika saya menjadi dokter, saya akan menjelaskan pasien mengenai program pemerintah jaminan kesehatan nasional (JKN). Para peserta JKN membayar iuran setiap bulannya. Rata-rata biaya operasi besar ditanggung oleh badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) melalui JKN. Iuran JKN yang dikumpulkan dari semua peserta JKN, digunakan untuk pengobatan dan promosi kesehatan bersama.  Jika tidak mampu membayar iuran JKN dapat menggunakan surat keterangan miskin dan laporkan ke BPJS.

Apabila pasien tidak sadar dan diperlukan operasi darurat, operasi akan tetap dilakukan langsung dan meminta keluarga pasien untuk mengurus JKN pasien.

Dikarenakan BPJS mendapatkan uang dari patungan anggota JKN, untuk orang-orang yang sudah terdaftar JKN dan sehat agar selalu membayar iuran JKN, karena uang yang anda berikan itu bukan hanya untuk diri anda kedepannya tetapi orang lain yang lebih membutuhkan.

Sumber foto: pogi.or.id

291 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored