selasar-loader

Bagaimana wajah dunia dan negara-negara dunia jika hidup tanpa agama?

LINE it!
Answered Dec 19, 2016

Nietszhe bilang "Gott is tot" (tuhan telah mati) saat bangsa Eropa pada masa lalu "mabuk" agama (katolik) saat itu sehingga melupakan pembangunan, mengabaikan rasionalitas, dan cenderung abai pada hukum positif. Joh Lennon bersenandung "bayangkan jika dunia tanpa agama", mengindikasikan bahwa ada "persoalan besar" manusia dengan agama-agama (apapun) yang mereka anut.


Agus Setyono
Pencari Kebenaran

Menurut saya, kok dunia akan lebih baik ya, tanpa agama yang ekstrem. Yang saya pahami, semua agama itu spiritnya sama. Ada nilai-nilai luhur yang umum di semua agama, dan itu baik. Yang bikin hancur agama adalah politik dan keekstreman. 

af0YWAOaqiCLGnbdDzsceKFH4a4_5ZXb.jpg

Menurut saya untuk kondisi saat ini, negara yang tidak beragama kondisinya jauh lebih baik dengan negara yang beragama. Bisa dilihat data di atas.

Gambar via pbs.twimg.com

252 Views
Ihsan Pramanda

Bisakah diberi contoh Mas, untuk mendukung pernyataan terakhir? Negara mana yang tidak beragama, bagaimana maksudnya negara tersebut tidak beragama, dan bagaimana maksudnya kondisinya lebih baik (dalam hal apa/bagaimana tolok ukurnya). Terima kasih.  Jan 27, 2017

Agus Setyono

sudah saya lampirkan image yang relevant di jawaban saya di atas. Terlihat secara umum negara yang menganggap agama penting lebih miskin secara ekonomi dari negara yang secara umum masyarakatnya menganggap agama tidak penting.  Jan 28, 2017

Write your answer View all answers to this question