selasar-loader

Momen puasa Ramadhan apa yang paling berkesan yang pernah dialami Selasares?

LINE it!
Answered Jun 05, 2017

Mhd Fadly
KPI Fak. Agama Islam UMSU, Alumni Pon-pes Ibadurrahman Stabat

YFitvnUQqywVNljpdFxK1MyqvUj7Aj9n.jpg

Moment ketika mengikuti I'tikaf.

I'tikaf yang dilakukan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan pernah saya lalui sebanyak 3 kali (3 kali puasa). moment itu bukan hanya di gunakan untuk berdiam diri di masjid dan bertafakkur saja. tetapi moment tersebut banyak di gunakan untuk menimba ilmu agama lebih mendalam.

materi yang diberikan secara berkala, pagi - siang dan sore hari menambah wawasan dan point-point penting selain ilmu dasar yang di ajarkan di pesantren saya. terutama di I'tikaf yang terakhir kali saya lakukan bertemakan tahsinul Qur'an. sebuah pengalaman ketika saya yang di didik secara agama dari kecil (bisa baca Qur'an sebelum masuk SD), Madrasah di siang hari selepas sekolah Dasar, melanjutkan pendidikan di pesantren dan setamat pesantren harus mengulang kembali Iqra' 2 ketika bertemu dengan seorang guru Tahsin Qur'an dimana ia seorang hafidz yang tidak dapat melihat dari kecil dan hanya muraja'ah menggunakan Al-Qur'an Braille.

di suasana I'tikaf juga di ajarkan hal kebersamaan yang belum saya dapati di manapun. suatu kesederhanaan dan pola sistem makan bersama. makan berkelompok sekitar 7 - 10 orang satu kelompok dan makan menggunakan talam yang besar. dalam makan tersebut secara tidak lansung di ajarkan harus saling membagi, menguasai diri untuk mengambil makanan dari tengah ke bagian kita sendiri.

di pertiga malam tepat di malam ke 27, seluruh jama'ah i'tikaf melakukan sholat tarawih yang di akhirkan, ketika itu sang Imam membaca ayat yang berartikan "Hai Orang yang beriman jagalah dirimu dan keluargamu dari Api Neraka" saat membaca ayat tersebut imam menangis tersedu-sedu hingga tanpa sadar air mata ikut meleleh keluar membasahi pipi. di saat itulah merasakan nikmatnya dari sholat malam yang mungkin saat ini ingin digapai kembali. 

 

326 Views
Write your answer View all answers to this question