selasar-loader

Kebiasaan apa yang biasanya keluarga Anda lakukan ketika Hari Raya Idul Fitri?

LINE it!
Answered May 30, 2017

Annisa Sri Aulia Mutiara
Pecinta sepakbola. Penikmat sastra.

vOay9JZO36543Cg_-I34YaiQN_oOOzYH.jpg

Keluarga besar saya dari ibu adalah keluarga Betawi yang masih kental dengan budaya-budaya Betawi. Rumah kami pun berdekatan dan bahkan berada di jalan yang sama. Bisa dibayangkan, kanan kiri depan belakang rumah Anda seluruhnya adalah rumah saudara-saudara Anda. Kecuali, ada yang menjual rumahnya ke orang-orang pendatang. Bagi saya, hal ini sangat menyenangkan. Selain tak kesulitan saat ingin bertemu saudara-saudara, hal lainnya yang paling saya suka adalah ketika Hari Raya Idul Fitri, kebersamaan kami sangat terasa.

Pada Hari Raya Idul Fitri, seusai shalat ied kami biasanya akan berkeliling ke rumah-rumah saudara dan saling bermaaf-maafan. Rumah yang berdekatan itu membuat kami tidak perlu menggunakan kendaraan untuk pergi bersilaturahmi. Kami biasanya akan jalan kaki bersama-sama dari satu rumah saudara ke rumah saudara yang lainnya. Yang tetap menunggu di rumah adalah nenek dan kakek kami, selebihnya ikut berkeliling bersama-sama.

Terakhir, kami akan berkumpul di rumah kakak nenek kami yang paling tua. Di rumahnya sudah disediakan banyak sekali makanan dan hidangan lebaran lainnya. Tak lupa juga ada pembagian THR. Biasanya, kami akan menghabiskan waktu di sana hingga sore hari. Barulah malam hari atau keesokan harinya keluarga saya pergi mengunjungi rumah saudara-saudara lainnya yang letaknya tidak berdekatan dengan rumah kami.

 

sumber gambar: google.com

215 Views
Write your answer View all answers to this question