selasar-loader

Menurut Anda, apakah kekurangan dari tulisan-tulisan Murakami?

LINE it!
Answered May 29, 2017

Afina Mahardhika
Indonesian Studies, University of Indonesia and avid Selasares.

JQ4sn4SKYnr9j2bfJ78ipReicAXkWSl-.jpg

Sejauh ini saya baru membaca Norwegian Wood, salah satu karya besar Haruki Murakami. Sama seperti novelis Jepang kebanyakan, mereka memiliki gaya bercerita yang detail dan lambat. Sebenarnya ini bukan kekurangan, hanya saja saya tidak terlalu menyukai gaya bercerita yang lambat, mudah membuat bosan. Murakami menggambarkan setiap kejadian dalam novel secara rinci yang menyebabkan jalan cerita menjadi lambat. Tapi saya dapat bertahan membaca Norwegian Wood karena hal-hal kecil yang dijelaskan dalam novel terasa begitu jelas di kepala saya. Dengan kata lain, membantu saya agar lebih mudah berimajinasi.

Pun penggambaran yang detail tersebut menyebabkan saya paham tentang budaya yang ada dalam cerita. Salah satu fungsi karya sastra, merangkum kebudayaan suatu masyarakat. Lewat novel Murakami dan gaya berceritanya, saya menjadi paham bagaimana cara berpikir sebagian orang Jepang dan kebiasaan-kebiasaan mereka.

Hal lain yang kurang saya suka dari karya Murakami adalah terlalu banyak nostalgia. Sekali lagi, sebernanya ini bukan kekurangan. Barangkali juga ini merupakan gaya bercerita orang Jepang. Tapi menyelipkan nostalgia masa lalu di setiap kejadian sekarang kadang terasa mengganggu dan membuat pembaca tidak fokus pada kejadian sekarang.

 

sumber gambar: fondlist.com

278 Views
Write your answer View all answers to this question