selasar-loader

Bagaimana pengalaman menarik Anda sebagai "Pekerja Komuter" menempuh perjalanan jauh untuk bekerja dari rumah ke kantor setiap hari?

LINE it!
Answered May 29, 2017

Agung Pushandaka
Indonesia | Gemini | Jakarta | @pushandaka | pushandaka.com

sfRzXrzHlsWSQLW1NpJq7sdrBXG9RCmM.jpg

Saya sejak awal tahun 2017, saya telah beralih ke moda transportasi KRL untuk bepergian dari tempat tinggal menuju kantor. Sebenarnya, ada alternatif dengan menggunakan bus Transjakarta, tapi setelah saya coba, ternyata menumpang bus Transjakarta membutuhkan waktu tempuh 2 jam dengan 3 kali transit dan berganti bus, padahal masih di wilayah DKI Jakarta saja.

Saya tinggal di Kelurahan Pulo Gebang, sementara kantor saya terletak di Jalan Gatot Subroto. Kalau saya berangkat menumpang bus Transjakarta dari Terminal Pulo Gebang pukul 6 pagi, maka saya akan tiba di halte Gatot Subroto LIPI pukul 8 pagi.

Sementara itu, dengan waktu keberangkatan yang sama dari Stasiun Cakung, dengan menumpang KRL, saya tiba di Stasiun Manggarai pukul 6:35. Saya bisa melanjutkan menumpang KRL menuju Stasiun Sudirman kemudian berganti bus Transjakarta jurusan Tanah Abang-Pasar Minggu menuju kantor, atau dari stasiun Manggarai langsung berganti menumpang bus Transjakarta jurusan stasiun Manggarai-Blok M turun di Gatot Subroto LIPI.

Waktu yang saya butuhkan dengan cara ini paling lama adalah 90 menit. Lebih cepat daripada menumpang bus Transjakarta dari Pulo Gebang. Saya harus mengeluarkan total Rp7000 untuk sekali perjalanan menuju kantor. Maka dalam sehari, pergi dan pulang, pengeluaran saya untuk transportasi minimal Rp14000. Nilai itu sudah yang paling murah dibandingkan cara lain.

sumber gambar: cityam.com

225 Views
Write your answer View all answers to this question