selasar-loader

Apa kelebihan Juventus yang tidak dimiliki oleh Real Madrid?

LINE it!
Answered May 29, 2017

Shendy Adam
Eks sport journalist di Harian Merdeka

go4RrEdQb6vpMsrqBpUfC4PYP0ui5uvG.jpg

Saya asumsikan pertanyaan ini diajukan dalam konteks jelang pertandingan final Liga Champions 2016/2017 yang akan mempertemukan kedua tim. 

Baik Juventus maupun Real Madrid sudah memastikan jadi jawara di kompetisi domestik masing-masing. Bisa dipastikan laga final akhir pekan akan seru karena mempertemukan dua tim terkuat dari Italia dan Spanyol. Kembali ke pertanyaan, apa kelebihan Juventus yang tidak dimiliki oleh Real Madrid? Agak sulit menjawabnya, karena dalam pandangan saya kedua tim punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mari kita lihat lini per lini dari belakang sampai depan.

Juve relatif unggul di sektor pertahanan yang dihuni pemain-pemain senior seperti Daniel Alves (34 tahun), Giorgio Chiellini (32), Andrea Barzagli (36), dan Stephan Liechsteiner (33). Alex Sandro yang baru 26 tahun bisa menjadi nafas segar kalau penggawa lain di barisan belakang mulai kepayahan.

Kalau di lini tengah, Juve harus akui keunggulan Madrid. Praktis hanya Miralem Pjanic, Sami Khedira dan Claudi Marchisio yang boleh dibilang 'punya nama'. Bandingkan dengan Los Merengues yang punya Toni Kroos, Isco, James Rodriguez, Luka Modric dan Mateo Kovacic.

Kekuatan kedua tim di barisan depan cukup berimbang. Meski trisula Madrid diisi oleh trio BBC (Bale, Benzema dan CR7), Juve tak akan kecil hati. Si Nyonya Tua punya Gonzalo Higuain, Mario Mandzukic dan Paulo Dybala.

Satu keunggulan mutlak yang dimiliki Juve adalah keberadaan kiper tangguh pada diri Gianluigi Buffon. Sulit dibantah kalau kelas Buffon tidak sebanding dengan Keylor Navas punya El Real

 

(sumber gambar: juara.net)

405 Views
Write your answer View all answers to this question