selasar-loader

Apa keunggulan pasangan AHY-Sylvi dibandingkan pasangan calon lainnya dalam Pilkada DKI Jakarta?

LINE it!
Answered Dec 19, 2016

Shendy Adam
Belajar Politik dan Pemerintahan di UGM (2004-2008)

q5Cok8Y_yxfMaR3ISkGLYogeWVGUxgRU.jpg

Duet Agus-Sylvi boleh jadi adalah pasangan yang saling melengkapi. Usia muda, fisik prima, dan wajah--yang katanya ganteng--adalah keunggulan dari sosok Agus Harimurti Yudhoyono.

Sebagaimana banyak hambatan yang dialamatkan pada golongan muda, Agus juga disorot dari sisi pengalaman. Ia dianggap "anak kemarin sore" dalam politik dan pemerintahan. Tidak salah, memang. Selepas lulus SMA, ia melanjutkan pendidikan dan karier militer. Pengalamannya di TNI juga tidak bisa dibilang istimewa, karena waktunya banyak dihabiskan di bangku kuliah.

Sebagai perwira militer, tentu ia tidak pernah aktif dalam politik praktis, tidak seperti adiknya Edhie Baskoro Yudhoyono yang memang "nyemplung" di Partai Demokrat. Diakui atau tidak, keunggulan lain dari Agus adalah trah "darah biru" dari Sang Bapak, Susilo Bambang Yudhoyono.

Sementara itu, Sylviana Murni menutup kelemahan Agus dari sisi pengalaman. Dari enam orang kandidat cagub dan cawagub, None Jakarta 1981 ini tentu yang paling kenyang "makan asam garam" dalam bidang pemerintahan. Selama lebih dari tiga dekade berkarier di Pemprov DKI Jakarta, Sylvi sudah pernah menduduki sejumlah jabatan strategis seperti Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Wali Kota Jakarta Pusat, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan sampai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan.

Selain itu, pengalaman Sylvi menjadi Wali Kota Jakarta Pusat menjadi modal berharga dan membentuk pribadinya yang ramah dan hangat dalam menghadapi warga di lapangan.

Gambar via assets.kompas.com

329 Views
Write your answer View all answers to this question