selasar-loader

Apa keunggulan pasangan Anies-Sandi dibandingkan pasangan calon lainnya dalam Pilkada DKI Jakarta?

LINE it!
Answered Dec 19, 2016

Shendy Adam
Belajar Politik dan Pemerintahan di UGM (2004-2008)

ceHzX08q6CqrEJkHMXp9hVzWNYGfB6G5.jpg

Tidak seperti Sandiaga Uno yang sudah sejak jauh hari menunjukkan hasratnya menjadi pemimpin di Ibu Kota, nama Anies Baswedan justru baru belakangan muncul pada masa-masa pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta nyaris ditutup. Koalisi Partai Gerindra dan PKS mengeluarkan keputusan mengejutkan dengan mengusung Anies sebagai calon gubernur, sementara Sandi "cuma" kebagian jatah sebagai wakilnya. Unsur kejutan sebetulnya bisa jadi keunggulan bagi pasangan ini apabila kedua partai bisa memanfaatkan momentumnya waktu itu.

Anies Baswedan memiliki keunggulan dalam aspek intelektualitas. Kemampuan dalam memilih dan merangkai kata, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, berada di atas rata-rata. Tulisan-tulisan maupun pidatonya amat memikat. Berkat kecerdasannya, ia bersama tim mampu menawarkan program-program yang spesifik, sesuai dengan segmen pemilih yang hendak disasar. Sementara itu, Sandi lebih sering mengumbar senyum dan menceritakan pengalamannya sebagai pengusaha muda disegani di Tanah Air.

Karena berangkat dari citra sebagai pasangan terdidik dan santun, Anies dan Sandi juga sangat mengedepankan kampanye bermartabat dan menghindari strategi yang bisa memecah belah rakyat. Saat pasangan lain berusaha menunjukkan identitas khas dan nomor urutnya, Anies dan Sandi justru memilih menggunakan "Salam Bersama" sebagai ciri mereka. Jargon yang mereka gunakan juga mempertegas bahwa mereka menawarkan kepemimpinan yang menggerakkan, bahwa warga adalah pelaku utama dalam pembangunan kotanya.

Gambar via i0.wp.com

607 Views
Write your answer View all answers to this question