selasar-loader

Bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik?

LINE it!
Answered May 22, 2017

Al-A'la Dzulfikar
Full Time Blogger

KxmboMTiRIsii-XNkNZF8N2nYQssoQwU.png

Menjadi pemimpin yang baik itu tidak mudah tapi juga tidak sulit. Salah satu teladan seorang pemimpin yang baik sepanjang masa adalah Nabi Muhammad SAW. 

Seorang pemimpin memiliki sifat-sifat kenabian. Tercatat beberapa nabi merupaan seorang pemimpin bahkan seorang Raja salah satunya adalah Nabi Sulaiman. Namun, menurut catatan sejarah hanya Nabi Muhammad SAW yang memiliki pengaruh paling besar dengan mukjizatnya, Al-Quran.

Bagaimana meneladani sifat kenabian seorang yatim yang lahir pada tahun gajah ini? Nabi Muhammad sudah sejak remaja sangat dikenal dengan sifat kenabiannya. Sifat-sifat itu adalah;

  • Sidiq
  • Amanah
  • Fathanah
  • Tabligh
Seorang pemimpin harus jujur. Itu modal utama dalam memimpin. Tidak ada namanya drama di kantor. Baik itu pemimpin perempuan maupun pemimpin laki-laki harus memiliki sifat kenabian.
 
Seorang pemimpin harus amanah. Segala amanah. Amanah ini dapat dipercaya. Bagaimana mungkin Anda bisa jadi seorang pemimpin tapi tidak bisa dipercaya oleh bawahan Anda. Jadi, salah satu sifat kenabian kedua yang paling penting adalah dapatkan kepercayaan dari bawahan Anda bahwa Anda memang seorang pemimpin yang bisa menanggung tanggung jawab yang besar.
 
Seorang pemimpin haruslah cerdas seperti Nabi Muhammad SAW. Kecerdasan Nabi Muhammad tergambar saat Nabi belum mendapatkan wahyu. Masih ingat tentang kisah nabi yang dipercaya para pemimpin Quraisy untuk membantu memutuskan siapa pemimpin Quraisy yang paling berhak untuk menempatkan batu Hajar Aswad di tempat sedia kala?
 
Benar, karena Nabi Muhammad terkenal jujur dan bijaksana. Sejak remaja Nabi bahkan sudah mendapatkan kepercayaan dari para pemimpin bani Quraisy untuk memecahkan persoalan yang terlihat sepele namun amat sangat bergengsi dimata para pemimpin Quraisy. Mereka bisa menempatkan Hajar Aswad ketempatnya semula setelah Nabi membentangkan sebuah kain. Kemudian masing-masing pemimpin bani Quraisy itu memegang tepian kain yang sudah disediakan. Kecerdasan Nabi menyatukan pemimpin Bani Quraisy ini sudah menjadi salah satu sifat kenabian yang akan menjadi seorang pemimpin besar.
 
Terakhir adalah Tabligh. Tabligh adalah mewujudkan visi dan misi. Seorang pemimpin yang memiliki sifat kenabian Tabligh mampu mewujudkan rencana-rencananya. Lihatlah pengaruh kepemimpinan Nabi Muhammad SAW yang mampu bertahan hingga abad ke 21.
 
Terakhir, memiliki sifat kenabian adalah modal dasar bagi seorang pemimpin sukses yang baik.
 
 
sumber gambar: billionairestore.co.id

262 Views
Write your answer View all answers to this question