selasar-loader

Apa makna banding Ahok?

LINE it!
Answered May 15, 2017

Ibnu Zubair
Menolak tua dengan rutin tertawa

bFSfKI_lYW-Hb4VLEBkDWtsC4JawO7Jc.jpg

Banding dalam proses hukum merupakan hal biasa, tidak ada yang istimewa. Namun, bagi terdakwa atau kuasa hukumnya, banding merupakan proses pembuktian lanjutan, di mana bukti dan dalil-dalil yang telah dikemukakan dalam persidangan tingkat pertama telah dimentahkan oleh hakim atau hakim melakukan kekeliruan dalam mengambil putusan. Karena itu, dibutuhkan argumen dan alasan yang lebih kuat dan rasional untuk mematahkan semua putusan hakim di pengadilan negeri.

Banding, tidak boleh mengulang apa yang telak dikemukakan pada pengadilan tahap pertama. Banding, harus berbeda, jika ingin bandingnya berkualitas dan diterima oleh hakim. Sejauh tampilan banding, hanya pengulangan, jangan harap Ahok akan bebas. Kecuali ada tekanan di luar hukum yang dapat pengaruhi hakim.

Sepanjang sejarah peradilan di Indonesia, hakim tak pernah bergeming dengan putusannya, malah mereka pasang badan untuk setiap putusan yang terlanjur mereka ketuk. Apalagi di Mahkamah Agung. Jarang sekali kasus pidana, berbeda putusannya dengan tingkat pertama, kecuali jumlah hukuman yang diputuskan berbeda-beda. 

Saran saya buat Ahok, cari pengacara yang serius dan bisa menguraikan secara rinci dan teliti dalil-dalil hukum serta fakta-fakta baru yang bisa melepaskannya dari jerat hukum. Tak perlu nama besar, karena pengacara nama besar, dalam banyak kasus pidana, justru tumbang oleh pengacara kecil-kecil. Mungkin karena pengacara besar hanya mengandalkan media, tidak menyandarkan pada dalil-dalil yang perlu diajukan ke pengadilan.

Hanya dengan dasar hukum yang kuat dan bisa mementahkan dalil hakim di pengadilan negeri, yang dapat membebaskan Ahok. Selebihnya, jika hanya bermodal massa, dengan segala hormat saya katakan sulit bebas. Namun, aksi massa tetap perlu dilakukan, dan itu bisa paralel dengan para pengacara yang akan mengajukan banding.

Gambar via rimanews.com 

462 Views
Write your answer View all answers to this question