selasar-loader

Apakah profesi dokter dapat disebut ilmuwan? Mengapa?

LINE it!
Answered May 11, 2017

Hari Nugroho
Medical Doctor with Addiction Medicine training

HAepkBBcib-f2AmioGP9v1hmBDNL5MAk.jpg

Dokter merupakan salah satu profesi yang diharuskan untuk selalu belajar. Perkembangan ilmu kedokteran terjadi begitu cepat, apa yang saya pelajari saat kuliah di fakultas kedokteran banyak sekali yang mengalami suatu update dalam waktu yang relatif singkat, apalagi saat ini perkembangan teknologi turut menunjang kemajuan dan kecepatan penyebaran ilmu kedokteran.

Upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien haruslah dilakukan, oleh karena itu dokter berkewajiban untuk terus memperbaharui pengetahuan dan ketrampilannya, bahkan bukti kesertaan seorang dokter dalam mengikuti continuing medical education (CME) menjadi salah satu syarat seorang dokter untuk memperpanjang lisensi dokternya.

Tentu saja dalam mengupayakan hal tersebut, dokter harus memamhami prinsip-prinsip ilmiah. Tak sekedar mengandalkan kalimat "Ada jurnalnya". Seorang dokter diharuskan mampu melakukan critical appraisal terhadap jurnal yang dibaca, kemudian itu menganalisis apakah studi yang dimuat dalam jurnal dapat diterapkan dalam praktik klinisnya. 

Tuntutan penerapan evidence based medicine mau tak mau membuat dokter menerapkan prinsip-prinsip ilmiah tersebut, dokter harus memahami mengenai desain penelitian, mampu berpikir kritis, memahami statistik dan melakukan evaluasi baik hasil yang dicapai secara klinis maupun evaluasi terhadap bukti-bukti ilmiah yang disodorkan. Maka tak heran dalam dunia kedokteran akan ditemukan orang atau organisasi yang melakukan systematic review atas penelitian-penelitian yang ada seperti Cochrane, yang hasilnya dapat dibuat sebagai  rekomendasi pembuatan panduan praktek klinis atau treatment guidelines.

British Medical Association (BMA) telah menulis dengan bagus mengenai hal ini, yang dapat disimak di link ini. Organisasi profesi kedokteran seperti BMA ini, telah memberikan rekomendasi mestinya seorang dokter selain seorang klinisi yang cakap juga haruslah seorang scientist.

Dan saya sependapat dengan hal tersebut, karena hal ini penting untuk keselamatan pasien, kemudahaan biaya dan sesuai dengan kode etik profesi kedokteran itu sendiri.

Jadi menurut saya, seorang dokter [mestinya] adalah seorang scientist.

307 Views
Write your answer View all answers to this question