selasar-loader

Apa kebiasaan khusus yang biasanya Anda lakukan ketika berada di Luar Negeri?

LINE it!
Answered May 10, 2017

Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

BfdXxotoG2iah_KJbUwww92pgsnjY-MX.jpg

Menyanyikan lagu Tanah Airku ciptaan Ibu Sud.

Boleh dibilang ini adalah lagu nasional (selain Indonesia Raya) yang paling memiliki daya magis tersendiri. Lirik dan nadanya cukup efektif untuk menimbulkan keharuan, menggelorakan rindu dan dengan sukses membangkitkan kecintaan kita akan Indonesia, tanah air yang sedang kita tinggalkan. 

Tanah airku tidak kulupakan
'kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak 'kan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai
Engkau kuhargai

Bait pertama ini adalah tentang komitmen akan kecintaan kita akan Indonesia. Indonesia sebagai tanah air dimana kita tumbuh dan hidup, akan selalu terkenang selama hidup. Meski pergi jauh, tidak akan terhapus sedikitpun setiap kenangan yang ada dari kalbu. Indonesia yang kucintai. Indonesia yang kuhargai.

Walaupun banyak negeri kujalani
yang mahsyur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah ku merasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Bait yang kedua ini yang biasanya tak kuasa dinyanyikan. Entah kenapa, ketika sudah sampai bait ini, lidah jadi kelu, napas tersendat dan suara tidak keluar. Sangat emosionil. 

Bait ini menceritakan tentang penegasan bahwa meski banyak tempat dan negara-negara lain yang sudah disambangi, meski negara-negara tersebut mahsyur permai dikata orang, tetap Indonesia adalah kampung dan rumah sejati. Tanah dan air yang tidak akan terlupakan. Indonesia yang selalu dibanggakan.

Nah, yang biasa saya lakukan adalah ketika sampai bandara di negeri orang. Saya arahkan badan saya menuju arah Indonesia secara geografis. Misal, ketika saya sedang berada di China, saya arahkan badan dan pandangan saya ke selatan. Kemudian saya berdiri tegap sambil menyalakan lagu Tanah Airku yang sudah saya simpan dari Youtube sebelumnya. Tangan kanan dikepal sambil diletakkan di dada sebelah kanan. Setelah semua persiapan selesai, tombol PLAY ditekan.

Secara perlahan, saya ikuti liriknya, bait demi bait, baris demi baris, lirik demi lirik, makna demi makna, komitmen demi komitmen..

Sangat emosionil.. 

The best cover song dari lagu Tanah Airku, ever.
 

363 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored

Author Overview


Ma Isa Lombu
Pendiri selasar.com | Alumnus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia