selasar-loader

Apa pandangan Anda terhadap laki-laki yang senang menggunakan make up?

LINE it!
Answered May 10, 2017

Febrina Rachmayanti
Literature and a touch of make-up

voHdV0c1vI0WFkryG7qA70qYgAF9dg2Y.jpg

Menurut pandangan saya tentu boleh-boleh saja. Setiap orang mempunyai hak untuk melakukan hal yang disukai apabila dalam batas wajar.

Make up sebenarnya bukan sesuatu yang bisa diposisikan hanya bisa digunakan oleh perempuan. Pun, make up bukan sebutan atas satu rangkaian benda. Sejatinya, bila Anda memakai lipbalm pun, Anda telah memakai make up.

Saya pernah mendengar cerita bahwa ada satu laki-laki yang selalu memakai liptint maupun lipbalm saat berpergian. Hal itu menjadi tabu di kalangan masyarakat. Padahal, bisa saja ia menggunakan lipblam karena bibirnya sangat kering dan bisa luka apabila tidak memakai lipbalm. We just dont see the story behind it.

Setiap laki-laki yang menggunakan make up bukan berarti dia "bencong". Berhenti menjustifikasi orang. Setiap orang mempunyai hak untuk melakukan apa yang ingin dia lakukan.

Di kalangan artis youtube, saya mengetahui salah satu yang memakai make up. Dia Jovi Adhiguna Hunter. Ia merupakan seorang kakak dari beauty blogger, Sarah Ayu Hunter. Dalam kesehariannya, ia memakai make up sebagai bentuk kesegaran dari tampilannya. Ia juga merupakan seorang designer dan fashion enthusiast sehingga berpenampilan yang baik merupakan hal yang patut ia sebar luaskan. Jovi memakai eyeliner, blush, liptint dan tetap pada gendernya, laki-laki.

Tidak ada batasan gender dalam pemakaian make up. Yang harus ada adalah cara menghargai dan tidak menjustifikasi seseorang dalam mempersolek diri. Dan saya merasa penggunaan make up pada laki-laki merupakan hal yang bebas, selagi dalam batas wajar.

 

sumber gambar: brilio.net

311 Views
Write your answer View all answers to this question