selasar-loader

Apa saja tantangan manajemen perusahaan radio?

LINE it!
Answered May 10, 2017

Tantangan seperti apa yang dihadapi manajemen stasiun (perusahaan) radio di saat masyarakat lebih mengandalkan untuk mendapatkan informasi dan hiburan dari media alternatif (media sosial)?


Tantangan yang harus dihadapi manajemen perusaan radio disebabkan oleh dua hal. Pertama, sebagaimana perusahaan lainnya, media penyiaran dalam kegiatan operasionalnya harus dapat memenuhi harapan pemilik dan pemegang saham untuk menjadi perusahaan yang sehat dan mampu menghasilkan keuntungan. Namun di pihak lain, sebagai tantangan kedua, media penyiaran harus mampu memenuhi kepentingan masyarakat (komunitas) dimana media bersangkutan berada, sebagai ketentuan yang harus dipenuhi ketika media penyiaran bersangkutan menerima izin siaran (lisensi) yang diberikan negara.

Melihat perkembangan zaman yang semakin maju, dan masyarakat yang lebih mengandalkan gadget untuk sumber informasi. Kini stasiun radio menciptakan aplikasi atau streaming radio lewat internet yang berbasis online. 

Perkembang ponsel pintar yang semakin canggih, juga lebih memudahkan dalam mengakses radio streaming. Banyak aplikasi yang tersedia untuk mendengarkan radio kesayangan Anda. Sebut saja Tune In RadioNobex Radio, bahkan ada juga aplikasi pemutar radio online di ponsel pintar buatan Indonesia yaitu Erdioo. Jadi, kini bukan alasan tempat lagi untuk mendengarkan siaran radio favourit Anda dari berbagai penjuru dunia. Pihak stasiun radio konvensional yang tidak ingin ditinggalkan pendengarnya dimasa kini, tentu juga harus turut memanfaatkan teknlogi radio streaming.

 

Manfaat Radio Online di Era Digital

Perkembangan teknologi digital di dunia sekarang mampu memberikan pengaruh yang sangat luar biasa pada perubahan perilaku manusia.  Mungkin yang membuat teknologi digital berkembang pesat karena mampu menjanjikan kita kemudahan dan kecepatan dalam melakukan suatu pekerjaan, namun teknologi digital juga bisa membuat masalah lho!  Karena ketidakmampuan atau penyimpangan penggunaan teknologi digital yang semakin canggih.

Perkembangan teknologi digital tidak dapat dihentikan, dan akan terus melaju dan tidak akan menemukan titik akhir.  Teknologi digital akan selalu up to date dari perubahan jaman ke jaman. Ingin tahu apa bukti dari perkembangan teknologi yang tidak dapat di hentikan ?  Seperti di film ‘Terminator 3’, Skynet yang ternyata virus, menyebar ke seluruh jaringan komputer yang ada di dunia dan tidak ada yang dapat menghentikannya sehingga terjadi perang nuklir yang membunuh semua umat manusia.  Seperti halnya perkembangan teknologi digital saat ini dan sampai ke masa depan perkembangan teknologi digital tidak dapat dihentikan, dan juga dapat membuat masalah yang sangat serius.

Yang jelas dan yang pasti sudah sangat berpengaruh dalam perubahan Indonesia di era yang baru ini, walau masih tertinggal dengan negara-ngeara lain.  Namun Indonesia masih menempati posisi ke-46 di dunia dalam bidang kemajuan teknologi.  Peringkat tersebut berdasarkan pada tingkat kesiapan teknologi (TKT) yang antara lain meliputi inovasi teknologi dan teknologi siap pakai.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia sudah terlihat dengan adanya internet yang hampir digunakan oleh seluruh orang Indonesia.Mulai dipergunakan untuk ngeblog, mencari info, membaca berita, sosial media, dan yang akhir-akhir ini lagi booming adalah bisnis online.  Bisnis online bisa di katakan sangat sangat menguntungkan, karena kita bisa promosi besar-besaran lewat blog maupun lewat sosial media secara Gratis!.

Kehadiran media online membawa masyarakat kepada Era Internet, dimana semua informasi oleh berbagai bidang dapat diakses dengan mudah melalui kemajuan teknologi ini.Beragam fenomena penting dunia dapat disaksikan melalui media online kapanpun dan dimanapun. Berbagai website dapat kita temukan, begitu pula dalam dunia jurnalistik, berbagai media massa baik lokal, nasional dan internasional dapat kita akses dengan mudah.

Salah satunya kita dapat mengakses Radio online. Dapat diidentikkan dengan radio offline yang dionlinekan.Jadi mereka punya radio betulan secara offline. Misal memancar di frekuensi AM ataupun FM. Contohnya www.kencanafm.com atuapun www.r22afm.com. Nah, kalau radio internet itu adalah murni hanya bisa didengarkan lewat jalur internet.Misalnya www.umi-mdn.edu, www.bandidosradio.com dll.

 

219 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored