selasar-loader

Apakah menjadi baik penting dalam bisnis?

LINE it!
Answered May 03, 2019

Anne Amalia Rahmanita
PM BAKTI NUSA 9 | Sekolah Bisnis IPB 2015

Apakah menjadi baik penting dalam bisnis?
Apakah menjadi baik adalah hal yang penting dalam hidup, apapun pekerjaannya?

Tentu. Tentu menjadi baik adalah hal yang penting mulai dari awal kita hidup, bekerja sebagai apapun dan dalam konteks ini ketika menjadi pebisnis, serta sampai kapanpun Allah memanggil kita.

Memang, bisnis itu kejam. 80% dari proses bisnis yang saat ini ada penuh dengan 'permainan kotor' (Yudha Heryawan Asnawi, 2018). Namun hal ini tak berarti kita harus ikut menjadi demikian untuk masuk di dalam lingkungannya.

Berbisnis yang dari dulu kerap disapa dengan jual beli menjadi salah satu pekerjaan yang paling Allah ridhoi. Sebagai mana ada yang pernah bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أَىُّ الْكَسْبِ أَطْيَبُ قَالَ  عَمَلُ الرَّجُلِ بِيَدِهِ وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ

“Wahai Rasulullah, mata pencaharian (kasb) apakah yang paling baik?” Beliau bersabda, “Pekerjaan seorang laki-laki dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (diberkahi).” (HR. Ahmad 4: 141, hasan lighoirihi)

Jual beli yang mabrur yang dimaksud adalah jual beli yang memenuhi syarat dan rukun jual beli, terlepas dari jual beli yang bermasalah, dibangun di atas kejujuran, serta menghindarkan diri dari penipuan dan pengelabuan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa mencari ridho Allah. Bukan pencari kebahagiaan dunia yang semu semata. وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ.

Tambahan sumber https://rumaysho.com/3240-apa-pekerjaan-yang-terbaik.html

42 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored