selasar-loader

Benarkah anggapan bahwa sayur itu menyehatkan tubuh?

LINE it!
Answered Jan 19, 2019

Di masayarakat beredar anggapan bahwa daging-dagingan tidak baik untuk tubuh manusia. Sebaliknya sayuran sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.


Adibah Rasikhah Amanto
Health Nutrition UGM 2016

sYrCWvpBAgaKqMsObXjToml0W7fg7Vaq.png
 

Terkait daging-dagingan yang tidak baik itu kalau berlebihan, orang daging juga merupakan sumber vitamin B12, Zink, protein, dan zat besi yang pnting untuk tubuh gituh. Dari WCRF menyarankan jika konsumsi daging merah itu dibatasi sekitar maksimal 3 porsi perminggu setara dengan 350-500 gr (dalam berat sudah masak). 

Yang bahaya itu kalo daging olahan, kata Bang Professor Martin Wiseman dari World Cancer Research Fund International’s Medical and Scientific Adviser (keren nih) kalo ada hubungan kuat antara kejadian kanker dan konsumsi daging olahan yang cenderung mengandung banyak bahan kimi, juga mengandung garam yang bisa menyebabkan hipertensi. Gitu lho! 

Nah sayuran itu sangat dianjurkan, kalo gak mau sayur ya buah gapapa. Mereka sifatnya substitusi gitu, kalo kata dosen saya antara buah dan sayur pilih saja. Yah mungkin maklum kitakan anak kos yang punya limitasi sempir tentang keuangan. Hehe. 

Jelasnya baca disini aja! Jangan malas baca gengs hehe. Kalo ada yang ditanyan bisa kontak saia. Nanti saia tanyakan ke dosen saia hehe.

http://gizi.depkes.go.id/download/Pedoman%20Gizi/PGS%20Full.pdf

http://www.depkes.go.id/article/view/17012600002/hari-gizi-nasional-2017-ayo-makan-sayur-dan-buah-setiap-hari.html

71 Views
Write your answer View all answers to this question