selasar-loader

Benarkah Konsumsi Anggur Merah (secukupnya) Baik untuk Kesehatan Tubuh?

LINE it!
Answered Jan 19, 2019

RiViPTjqh0XF6QnBoUkqXwsVRdP3TSkT.jpg

Beberapa artike mengulas bahwa anggur merah kaya akan Antioksidan serta dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Kita diberitahu bahwa, secara umum, alkohol tidak baik untuk kita. Tapi beberapa artikel kesehatan mengulas tentang manfaat kesehatan yang bisa didapat dari minum segelas atau dua gelas anggur merah setiap hari. 

Hal ini sama membingungkannya dengan beberapa artikel yang mengulas bahwa nasi goreng merupakan makanan yang mengandung gizi sangat sedikit karena cara memasaknya tidak sesuai resep nasi goreng yang baik untuk masakan olahan yang digoreng.


Adibah Rasikhah Amanto
Health Nutrition UGM 2016

  1. Untuk pertanyaan pada judul apakah konsumsi anggur merah secukupnya baik untuk kesehatan ?Jawabannya adalah iya, karena pada prinsipnya semua yang tidak berlebihan itu baik. Bukan cuma dalam hal mengonsumsi makanan tapi juga hidup sehat, seperti olahraga, aktifitas fisik dan lainnya. 
  2. Kedua, adalah mengenai buah anggur mampu mengurangi risiko penyakit jantung, benarkah ?Jawabnya adalah iya, hal ini terbukti pada penelitian di prancis. Mereka yang terbiasa mengonsumsi anggur merah mengalami penurunan risiko penyakit jantung (cardiovascular disease), meskipun sering makan makanan mengandung banyak lemak jenuh (saturated fat). Peristiwa ini dikenal dengan "French Paradox". https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2728695/ coba baca jurna disitu deh, bisa lebih dipertanggungjawabkan isinya. Bukannya saya meragukan artikel, tapi sebagai seorang akademisi trainee saya akan menyarankan untuk berkonsultasi dengan yang ahli. Nah disitu juga dijelasin kalau wine (fermentasi anggur/ anggur berakohol) merupakan minuman yang dikenal paling baik diantara minuman berakohol lainnya. 
  3. Pertanyaan ketiga adalah tentang nasi goreng yang mengandung zat gizi sedikit, karena tidak sesuai resep, benarkah ? Cara masak memang memengaruhi kandungan nutrisi makanan sih, jadi ga cuma nasi goreng. Nah, tapi kan namanya resep masak, ya tidak terlalu bisa dimodifikasi (kocak kalo nasi gorengnya dikukus, namanya ganti nasi kukus). Yang bisa dimodifikasi untuk memperbanyak gizi adalah lauk atau sayur yang ditambahkan dalam nasi goreng. Bisa terpisah atau digoreng bersama. Untuk lauk sih boleh2 aja digoreng bareng, tapi kalo sayur saya sarankan jangan digoreng. Ntar nutrisinya hangus bersama penggorengan.

36 Views
Write your answer View all answers to this question