selasar-loader

Benarkah Konsumsi Anggur Merah (secukupnya) Baik untuk Kesehatan Tubuh?

LINE it!
Answered Jan 04, 2019

RiViPTjqh0XF6QnBoUkqXwsVRdP3TSkT.jpg

Beberapa artike mengulas bahwa anggur merah kaya akan Antioksidan serta dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Kita diberitahu bahwa, secara umum, alkohol tidak baik untuk kita. Tapi beberapa artikel kesehatan mengulas tentang manfaat kesehatan yang bisa didapat dari minum segelas atau dua gelas anggur merah setiap hari. 

Hal ini sama membingungkannya dengan beberapa artikel yang mengulas bahwa nasi goreng merupakan makanan yang mengandung gizi sangat sedikit karena cara memasaknya tidak sesuai resep nasi goreng yang baik untuk masakan olahan yang digoreng.


Anggur merah, dalam konsumsi secukupnya, telah dilaporkan mengandung zat kuat yang bermanfaat bagi jantung, sistem saraf dan bahkan gigi Anda, mungkin juga menawarkan beberapa perlindungan dari penyakit kanker.

Menurut banyak penelitian anggur merah memang baik untuk kesehatan pria dan wanita dalam beberapa aspek. Tapi alkohol dalam anggur merah tidak ada hubungannya dengan itu. Anggur merah mengandung antioksidan kuat, zat yang melindungi sel tubuh Anda terhadap kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Manfaat kesehatan dari anggur sama untuk pria dan wanita, namun pria dapat minum lebih banyak mengingat massa tubuh mereka yang umumnya lebih besar, satu atau dua gelas anggur atau setara 4 ons per hari, sementara wanita hanya boleh mengkonsumsi satu gelas.

Anda masih perlu berlatih dengan takaran sedang saat Anda minum, karena dengan minum lebih banyak dari jumlah tersebut telah dikaitkan dengan penyakit jantung, kerusakan hati dan masalah kesehatan lainnya.

Jadi konsumsi anggur merah yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan, dan minum anggur akan menjadi contoh yang tidak baik untuk mendidik anak anda. Jadi jangan sampai anak tau informasi yang tidak lengkap tentang manfaat dan resiko konsumsi anggur merah.

Anggur Merah: Kaya Antioksidan

Flavonoid dan resveratrol adalah jenis utama antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah:

  • Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang ditemukan pada tanaman. Dalam anggur merah, jenis utama flavonoid adalah antosianin, zat yang ditemukan di kulit anggur yang menghasilkan warna merah ungu tua.
  • Resveratrol adalah senyawa yang diproduksi oleh tanaman untuk membantu mereka menangkal infeksi jamur dan penyakit lainnya. Ini termasuk dalam golongan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol.
  • Pilihan anggur merah Anda bisa memberikan perbedaan. Cabernet Sauvignon mengandung antioksidan paling banyak, lalu Petite Sirah dan Pinot Noir. Merlots dan zinfandels merah memiliki beberapa antioksidan, tapi lebih sedikit dari pada anggur lainnya.

Anggur Merah dan Manfaat Kesehatannya

Dokter telah mengaitkan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan dari meminum anggur merah:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
    Flavonoid dalam anggur merah diyakini menurunkan jumlah kolesterol "jahat" di aliran darah Anda dan meningkatkan kolesterol "baik". Flavonoid dan resveratrol juga tampaknya mencegah trombosit tetap saling menempel, yang dapat mencegah serangan jantung atau stroke dengan mengurangi risiko pembentukan gumpalan. Hal yang sama dengan manfaat minum teh di pagi hari sebelum beraktvitas.
  • Perlindungan terhadap kanker.
    Resveratrol telah terbukti mengurangi risiko terjadinya tumor dan menghambat pertumbuhan sel kanker di laboratorium. Studi telah mulai secara langsung menghubungkan konsumsi anggur merah dengan penurunan risiko kanker pada manusia.
    Sebagai contoh, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi segelas anggur merah sehari dapat mengurangi risiko kanker prostat seseorang menjadi dua kali lipat, terutama bila menyangkut jenis kanker prostat yang paling agresif.
    Lebih dari itu, bagaimanapun, bisa memiliki efek sebaliknya dan benar-benar meningkatkan risiko Anda terkena kanker tertentu, jadi jangan gunakan ini sebagai alasan untuk meminum setengah botol pinot favorit Anda.
  • Perlindungan terhadap gangguan neurologis.
    Peneliti telah menemukan bahwa resveratrol dapat membantu menghalangi pembentukan amyloid plak yang diperkirakan dapat merusak sel-sel otak dan berkontribusi pada penyakit Alzheimer.
    Studi lain menemukan bahwa resveratrol sebenarnya membantu pembentukan sel saraf baru, yang dapat membantu mencegah gangguan neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  • Manfaat kesehatan lainnya.
    Dokter terus menemukan cara baru di mana efek antioksidan dari anggur merah dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh Sebagai contoh, peneliti telah menemukan bahwa anggur merah mengurangi kerusakan akibat radang dan kerusakan jaringan yang disebabkan oleh penyakit periodontal atau gusi. Jadi minum anggur merah sebenarnya bisa membantu kesehatan gigi Anda.

Jangan berlebihan, tapi nikmati segelas anggur merah atau dua gelas, sebagai cara mudah mendapatkan manfaat kesehatan.

44 Views
Write your answer View all answers to this question