selasar-loader

Apa syukurmu di hari ini?

LINE it!
Answered Nov 03, 2018

Lulu Nailufaaz
Environmental Engineering|PM Bakti Nusa 8

Pemaknaan terhadap suatu syukur berasal dari bagaimana perspektif seseorang untuk melihat makna dari apa yang terjadi kepada dirinya, baik itu menyenangkan untuknya atau bahkan menyudutkannya.

Seringkali manusia lebih cepat untuk mengambil pemaknaan syukur terhadap kejadian baik yang terjadi. Mengapa? Dalam perspektif saya, hal ini dikarenakan Ia sedang berada di posisi yang memudahkannya untuk lebih berpikir jernih tanpa tekanan yang berarti secara emosional ataupun pikiran. Berbeda ketika hal yang menimpanya adalah keburukan. Tidak sedikit yang akhirnya mati tenggelam dalam keadaan tersebut. Dan itu membuat sekat yang begitu jauh antara hati dan pikiran untuk memberikan perspektif positif terhadap apa yang terjadi, dan akhirnya yang terjadi adalah kondisi menyalahkan keadaan. Menyalahkan pilihan yang diambil sebagai sebab dari kejadian tersebut dan mungkin lebih jauh lagi menempatkan orang lain kepada kesalahan yang tidak termaafkan oleh diri. Ini yang akhirnya membuat manusia sulit untuk memposisikan diri sejernih mungkin karena ada emosi negatif yang lebih besar menutupi rasa positif yang sebenernya ingin Allah swt. berikan. 

 

Hari ini, saya menutup hari dengan rasa syukur. Syukur karena dapat mensyukuri kondisi "buruk" yang sudah terjadi. Buruk karena saya memandang dari perspektif saya sendiri. Bagaimana tidak? Ketika diwaktu yang bersamaan, dimana melibatkan banyak pihak dan tentu merugikan banyak orang. Sebut saja, Kecelakaan motor, Check up rumah sakit, Mengajar, dan Kemacetan Lalu lintas. Terlihat biasa saja memang. Tapi itu benar-benar tidak bisa dibayangkan ketika terjadi secara nyata dan cepat. Tapi, benar adanya ketika memang yang terjadi di dunia ini memang sudah terukur oleh Yang Maha Kuasa terhadap kemampuan hambanya untuk menyelesaikan. Bahkan sekalipun terlihat menceritakan sebuah skenario cerita yang buruk, pada akhirnya malam ini saya berkata bahwa itu memang skenario baik yang sudah Allah berikan. Untuk menegur hambaNya, untuk selalu mengingatNya, dan tentu semakin sangat mencintaiNya. 

89 Views
Write your answer View all answers to this question