selasar-loader

Kalau berkesempatan memimpin suatu daerah, pertimbangan apa yang membuat Anda ambil kesempatan itu? Orang-orang seperti apa yang akan Anda tunjuk sebagai pendamping Anda ketika memimpin nanti?

LINE it!
Answered May 06, 2017

Anonymous

Hasil gambar untuk pemimpin daerah

Pertanyaan sangat menarik karena saya pernah ditawari untuk ini namun saya tidak menyanggupi. Saya menolak karena beberapa alasan.

Lalu. pertimbangan apa yang bisa membuat saya bisa berpikir untuk mengambil kesempatan ini?

Pertama, tentu alasan rasional matematis. Sejauh mana saya memiliki kans menang dalam pemilihan kepala daerah tersebut, apakah lebih di atas 20 persen elektabilitasnya atau tidak. Jika kurang dari 20 persen, saya tidak akan mengambil kesempatan itu. (Seluruh sistem pilkada, kecuali DKI Jakarta, hanya mensyaratkan kemenangan di atas 30 persen)

Kedua, sejauh mana saya bisa melaksanakan visi-misi di daerah tersebut. Apakah masyarakatnya siap? Apakah masyarakatnya memang sudah sampai pada tahap menjalankan visi-misi itu? Bagi saya, memimpin sebuah daerah haruslah berdasarkan nilai (virtue), yang kemudian diturunkan menjadi visi-misi. Saya tak mungkin memaksakan nilai-nilai saya pada sebuah daerah yang secara mayoritas belum siap untuk itu.

Ketiga, apakah ada orang-orang yang siap membantu saya, yang memiliki kapasitas memadai untuk membantu saya memimpin daerah. Kriteria orang-orang ini menurut saya adalah yang cerdas, yang mampu menerjemahkan gagasan dan melaksanakannya.

Untuk tahap pertama, mungkin saya akan melakukan pemetaan siapa saja pegawai-pegawai negeri yang berada di bawah kepemimpinan saya. Terus terang, saya akan mendaftar semua lulusan perguruan tinggi ternama, kemudian akan memanggil mereka satu per satu. Saya akan mengumpulkan 5 yang terbaik, lalu akan membuat mereka menjadi semacam tim kecil yang akan mendampingi saya setiap hari.

Tim kecil yang berisi grade A person ini akan menjadi semacam think tank yang akan memantau pemerintahan, mengawasi eksekusi program di daerah yang saya pimpin. Jika perlu, mereka melakukan semacam short brief setiap pagi untuk saya, mengenai apa yang bisa saya lakukan hari ini dan evaluasi apa yang sudah dilakukan. Mereka juga akan menyaring isi berita untuk saya baca.

Kemudian, saya memastikan beberapa pos pemerintahan strategis seperti Badan Perencanaan Daerah, Sekretaris Daerah, Kepala Humas Pemerintah, dan beberapa dinas-dinas strategis dipimpin orang-orang yang tepat. Mereka ini akan saya mintai brief apa yang sudah mereka lakukan setiap minggu, secara tertulis.

Gambar via blogspot.com

214 Views
Write your answer View all answers to this question