selasar-loader

Lebih penting mana, IPK atau organisasi?

LINE it!
Answered Oct 03, 2018

Inilah dilema terbesar mahasiswa. Menurut Anda, lebih penting mana, mengejar IPK atau terus berorganisasi? Atau ada alternatif lain?


Siti Fauziyyah
SITI FAUZIYYAH_FMIPA_UNJ_BAKTI NUSA

Hasil gambar untuk ipk BAGUS ATAU organisasiMenurut saya kedua-duanya penting dan tak dapat di kesampingkan satu sama lainnya.

IPK merupakan kepentingan menjalankan tanggungjawab kita sebagai mahasiswa dan organisasi adalah tanggungjawab sebagai pribadi.

Memang dengan menjalankan keduanya waktu kita sangat terbatas untuk dapat menikmati waktu bersantai semasa kuliah.  Pasti sangat berat menjalankannya, namun seiring berjalannya waktu kita akan mulai menemukan alur ceritanya, maksutnya kita mulai bisa mengatur waktu mana yang harus kita dahulukan. Mulai mengerti akan makna penting dan genting.

Mahasiswa yang aktif dalam organisasi bisa di bilang keluar dari zona nyaman. Kenapa dibilang seperti itu karena waktunya istirahat ada rapat, waktunya mengerjakan tugas ada kegiatan. Tapi banyak juga sisi positifnya. Salah satunya memperluas pergaulan, membentuk pola pikir yang baik, meningkatkan wawasan / pengetahuan, lebih kuat dalam menghadapi tekanan, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, ,melatih leadership (kepemimpinan), belajar mengatur waktu, memperluas jaringan, mengasah kemampuan sosial, ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya.

Ketika Anies Baswedan diundang di Universitas Bosowa (Unibos) untuk membawakan orasi ilmiah. Di hadapan mahasiswa baru Unibos, Anies Baswedan mengatakan bahwa mahasiswa harus berpikir apa yang menjadi kebutuhan di masa yang akan datang bukan apa kebutuhan hari ini dan kebutuhan masa lalu. "Mahasiswa aktif berorganisasi akan belajar untuk menjalankan banyak peran dan itulah dunia pascakuliah menuntut kita untuk menjalankan banyak peran," kata Anies Baswedan.

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa kuliah itu penting dan berorganisasi itu juga penting. Karena nilai IPK bagus belum tentu bisa mengantarkan kita ke jenjang karir tertinggi, IPK hanya mengantarkan pada meja wawancara.

Jadi, fokus kuliah itu penting dan aktif organisasi itu juga penting.Tapi semua itu kembali pada diri mahasiswa masing-masing, mau menjadi mahasiswa yang bagaimana yang fokus kuliah atau aktif organisasi. Tetapi yang harus diingat berorganisasi dan berkuliah denganIPKbaik,  adalah pedang dan tameng untuk menghadapi pertempuran dunia yang sebenarnya. 

 

 

80 Views
Write your answer View all answers to this question