selasar-loader

Apakah sebaiknya FC Barcelona keluar dari La Liga pascareferendum Catalonia?

LINE it!
Answered Sep 18, 2018

Atau sebaiknya mereka tetap bergabung dengan La Liga? Apa alasannya? Apa konsekuensi dari keduanya?


Anonymous

Well secara pendapat saja sih, menurut saya tidak perlu, beberapa orang mengatakan untuk pride of nation maka Barcelona sebagai club katalan harus keluar dari liga spanyol, tapi menurut saya, disitulah titik serunya.

Barcelona sudah dikenal sebagai salah satu club kuat di spanyol, dibawah bayang bayang Real madrid yang memang sudah adidaya dari awal pembentukan kompetisi. Dengan ditambahnya permasalahan kenegaraan ini, liga sepak bola tentunya akan menjadi sebuah kompetisi kehormatan melebihi sebelumnya, dari dulu el clasico bukan saja pertarungan antar club,  namun juga pertarungan antar kebangsaan, antara spanyol melawan orang catalan, secara simbolik seperti itu.

Apabila Catalunya berhasil merdeka, maka hal tersebut akan semakin intens, karna akan menanggung beban "pride" dari masing-masing club dan juga negara. Hal yang sangat disayangkan juga bisa dilihat dari hal trofi, karena trofi la liga sudah terlalu banyak di Barcelona, plus dengan keluar dari liga, berarti pilihan Barcelona hanya dua, yaitu menunggu Catalan memiliki liga tersendiri, atau numpang di liga lain seperti AS monaco. Tentunya keseruan akan berbeda apabila Barcelona keluar dari la liga, dan akan berdampak negatif juga dengan para pemain yang tentunya akan menentukan sikap untuk pindah atau stay di club dengan liga yang kurang jelas.

111 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored