selasar-loader

Mengapa kuliner di Bandung banyak menggunakan tambahan atau bahan utama tepung kanji?

LINE it!
Answered Sep 15, 2018

Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Tepung kanji, atau di Bandung lebih dikenal dengan nama "aci", merupakan bahan dasar dari sebagian besar panganan yang ada di kota tersebut. Pasalnya, tepung kanji merupakan bahan makanan yang mudah diperoleh di Kota Bandung. Selain itu, Tepung kanji pun bisa digunakan sesuai dengan selera dan kreativitas masing-masing orang, sehingga, banyak bermunculan kudapan-kudapan yang beraneka rupa dengan bahan baku dasarnya adalah tepung kanji.

Sebut saja cireng (aci di goreng), cimol (aci di gemol [gemol: digumpalkan]), cilor (aci pakai telor), cilok (aci di colok [colok:tusuk]) dan masih banyak lainnya. Selain itu, kegemaran dari masyarakat Kota Bandung pun cenderung suka makanan bercitarasa pedas dan asin, sehingga, tepung kanji merupakan bahan yang pas dan sesuai karena sering menjadi bahan baku olahan kudapan sehari-hari. Sifatnya yang tidak mudah busuk kala disimpan dan mampu untuk tetap mempertahankan rasanya  bahkan setelah jauh hari, menjadi alasan lain orang-orang menggemari bahan makanan yang satu ini

Walhasil, tepung kanji dan segala olahannya, seolah menjadi kudapan-kudapan ikonik yang terkenal khas dan sering dikaitkan dengan Kota Bandung. padahal, dibalik olahan kanji tersebut, masih banyak olahan makanan khas Kota Bandung yang lainnya, seperti Batagor (bala-bala, tahu, gorengan), kupat tahu padalarang, baso goreng, dan lain sebagainya.

113 Views
Write your answer View all answers to this question