selasar-loader

APA KISAH RAMADAN MU KALI INI

LINE it!
Answered Aug 03, 2018

Ria Dwi Afriana
Sedang berikhtiar untuk sukses di tiga alam yaitu dunia, barzah dan akhirat

Belajar dari Ramadhan, one day one juz itu mudah! 

7YjMmx0qhRysUTH2djqZPpcUBba2YSkX.jpg

Dalam bulan ramadhan, salah satu kemuliaan yang kita jumpai ialah ia identik dengan bulan Al-Qur'an. 

Di awal ramadhan, one day one juz buatku masih susah. Dengan beralasan masih banyaknya kegiatan akademik , one day one half juz masih ku pertahankan. 

Saat itu, aku jadi merasa... 

"Lah bulan ramadhan kok biasa aja ya. Belum menemukan sesuatu yang istimewa dibanding biasanya." Batinku kala itu. 

Hingga akhirnya menjelang sepuluh malam terakhir, Alhamdulillah kekuatan iman dariNya mulai diberikan kepada diri ini yang hampir merasa putus asa dengan bulan ramadhan yang merasa "b" aja :'(

kala itu, masih ada sekitar 20 juz lagi menuju khatam Al-Qur'an. Namun Allah telah mengilhamkan suatu semangat dalam hati bahwa bagaimana caranya, pokoknya kudu bisa khatam Al-Qur'an ! 

Sehingga dalam sepuluh malam terakhir itu, ku kejar one day 2 juz agar khatam Al-Qur'an tidak hanya sebatas angan.

Nah pengalaman disaat one day 2 juz ini yang cukup berkesan, berkesannya ialah menejemen waktu tilawah yang hingga saat ini bisa menjadi booster disaat diri mulai lemah dalam membaca one day one juz setelah ramadhan. 

Menejemen waktu tilawah yang ku coba saat itu ialah harus membaca 2 lembar tiap selepas sholat fardhu dan one juz sebelum tidur. Dan ketika one juz sebelum tidur ini ku coba, Subhanallah Allah memberikan mindset bahwa 

"Cuma butuh waktu tidak lebih dari SATU JAM lho untuk SATU JUZ ! " 

Belajar dari ramadhan, one day one juz itu mudah!

"Dengan mengingat perjuangan di sepuluh malam terakhir dalam menyelesaikan 20 juz, harusnya sekarang kudu lebih mudah jika dalam sehari hanya satu juz." sebuah reminder yang sedang berusaha ku tanamkan. 

dan juga .. si dia kadang menyampaikan dalam hati seperti ini

"Hey, meskipun kehadiranku telah pergi... maka jadikan aku jauh dimata dekat dihati. Maksudnya, jagalah apa-apa yang telah kamu lakukan selama bertemu denganku dalam bulan-bulan yang lain yang kamu temui saat ini. Agar tahun depan, aku senang dan mudah mengenalimu krn minimal kamu tetap seperti yang dulu saat aku bertemu denganmu atau bahkan jauh lebih baik lagi. insyaAllah jika kita akan bertemu lagi :) " - aku yang selalu berdoa agar kamu istiqomah,  Ramadhan. 

Perlu semangat lagi dalam menjaga one juz one day ? Baiklah...

Imam Syahid Hasan Al-Banna mengatakan, “Usahakan agar Anda memiliki wirid harian yang diambil dari kitabullah minimal satu juz per hari dan berusahalah agar jangan mengkhatamkan Al-Qur’an lebih dari sebulan dan jangan kurang dari tiga hari.”

Ya... Inilah pentingnya satu juz dalam satu hari :)
 --------

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda bahwa “Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” (HR. At Tirmidzi / 2327) 

Ya ... bagiku inilah cara ikhtiar terindah dalam mencari berbagai kebaikan dalam dunia dan yang penting dalam akhirat nantinya. 
-------

"Al-Qur'an is the only book where The Author is in love with the reader" -Bilal Philips

dan ya... aku ingin agar Dia semakin cinta. 
----------

-yang selalu berdoa agar aku dan kamu, Allah mudahkan untuk bertilawah minimal satu juz dalam sehari.

100 Views
Write your answer View all answers to this question