selasar-loader

Seberapa penting KKN bagi Mahasiswa dan Masyarakat ?

LINE it!
Answered Aug 01, 2018

Anonymous

Kuliah Kerja Nyata, secara Definitif adalah bentuk kerja nyata dan penerapan ilmu dari kuliah ke suatu tempat tertentu di masyarakat. Menurut  Abdul Somad (2018), KKN sering disalahartikan sebagai formalitas belaka untuk memenuhi tugas perkuliahan, dan bergeser dari arti pengabdian kepada masyarakat. 

Bagi Mahasiswa, KKN sepenting kuliah itu sendiri. Yang demikian itu dikarenakan ilmu yang didapat dari kuliah tidak akan ada artinya tidak diterapkan, sementara itu KKN adalah wadah percobaan awal untuk menerapkan ilmu tersebut. Selain itu, bermasyarakat dan menebar manfaat melalui pengabdian ini adalah salah satu cara menjaga idealisme mahasiswa agar tetap tumbuh. Lebih lagi, bersosialisasi dengan masyarakat adalah bonus yang didapat untuk persiapan setelah lulus kuliah. 

Warna baru adalah alasan pertama pentingnya mahasiswa KKN hadir di desa. Sebuah ilmu dan pandangan baru perlu untuk menjadikan desa lebih inovatif, juga budaya berbeda dari masing-masing pribadi peserta KKN akan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga maupun anak-anak desa. 

Bantuan dari para generasi terpelajar adalah alasan kedua mengapa KKN jadi penting. Tindakan yang perlu diambil dalam suatu kondisi tertentu di bidang pertanian misalnya, mengembangkan potensi ekonomi desa melalui UMKM,  atau bahkan hanya sekedar turut membantu mengajar Sekolah Dasar. Ilmu dari Kampus pasti akan berguna bagi masyarakat desa tersebut. 

KKN pada Akhirnya akan selalu penting, menjadi sebuah penyambung bagian pinggiran indonesia dengan ilmu yang dapat mewujudkan mimpi " membangun indonesia dari pinggiran" 

99 Views
Write your answer View all answers to this question