selasar-loader

Apa kebijakan yang ingin Anda buat untuk meningkatkan industri pariwisata Bukit Lawang?

LINE it!
Answered May 06, 2018

Zulfansyah Binjai
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Bukit Lawang merupakan kawasan yang digabung menjadi Taman Nasional Gunung Lauser yang terbentang antara 30-40 Lintang utara dan 97 ° -98° bujur timur, luasnya 900.000 hektar dan terletak di Propinsi Daerah istimewa Aceh dan Propinsi Sumatera Utara. Bukit Lawang di samping kegiatan alamnya yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai taman kegiatan wisata lintasan alam juga merupakan hutan lindung yang bertujuan untuk melestarikan sumber daya alam, flora, dan fauna yang mana sekitar taman ini tedapat bermacam-macam spesis tumbuhan seperti Bunga Reflesia yang merupakan bunga paling besar di dunia dan di hutan ini juga terdapat 285 spesis burung 103 reptil dan 35 jenis binatang ampibi serta sebanyak 3500 spesis tumbuhan.

Perekembangan kepariwisataan di Indonesia khususnya Sumatera Utara, sudah semakin berkembang. Hal ini tentunya sudah pasti menggembirakan kita, karena ternyata dapat memberikan devisa yang besar bagi Negara kita. Dalam kondisi ketataruangan wilayah yang potensial sebagai pengembangan kepariwisataan, maka sudah jelaslah harus dibarengi usaha peningkatan mutu dan pelayanan perlu diambil langkah-langkah kebijaksanaan dengan penyediaan sarana dan prasarana kepariwisataan yang memadai. Baik sarana sesungguhnya adalah merupakan tourist supplay yang perlu dipersiapkan atau disediakan bila kita hendak mengembangkan kepariwisataan tersebut.

Dalam membedakan antara sarana dan prasarana kepariwisataan adalah semua fasilitas yang memungkinkan proses perekonomian yang dapat berjalan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan kita dalam pengendalian, kepariwisataan dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, apabila di dapati kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi atau perlu diperbaiki tentu dengan pengadaan sarana dan prasarana. Sarana pariwisata adalah sarana sosial ekonomi yang untuk atau sebagian menghasilkan jasa barang yang digunakan wisatawan seperti : Hotel-hotel, rumah makan atau restoran, resort (Daerah study, kesempatan untuk menikmati hiburan atau atraksi-atraksi seni budaya).

Sarana dan prasarana yang dimiliki di Bukit Lawang adalah : Jaringan jalan, transportasi, akomodasi, rumah makan, listrik, telepon, air bersih, tourist information, keamanan wisatawan. Semua sarana dan prasarana tersebut adalah menunjang pembangunan kepariwisataan secara kondisi sosial.

39 Views
Write your answer View all answers to this question