selasar-loader

Apa itu Refeeding Syndrome?

LINE it!
Answered May 06, 2018

Asti Shafira
Mahasiswa Berprestasi RIK UI - Gizi Kesmas | Rumah Kepemimpinan #8 Jakarta

Reefeding syndrome merupakan kondisi yang berpotensi mematikan, hal ini dapat didefinisikan sebagai perubahan elektrolit dan cairan yang parah yang terkait dengan kelainan metabolik pada pasien dengan kekurangan gizi yang menjalani pengulangan, baik secara oral, enteral, atau parenteral. Hal ini dapat dikaitkan dengan morbiditas dan mortalitas yang signifikan. Gambaran klinis adalah kelainan keseimbangan cairan, metabolisme glukosa abnormal, hipofosfatemia, hipomagnesaemia, dan hipokalemia. Selain itu, defisiensi tiamin bisa terjadi (Crook, 2016).
Risiko utama yang ditimbulkan pada anak yang kekurangan gizi jika pemberian makanan tidak diperkenalkan secara bertahap disebut refeeding syndrome oleh dokter. Dengan menggunakan penurunan fosfat serum sebagai penanda sindromini, telah ditemukan kasus pada 20-40% anak dengan gizi buruk akut (SAM). Anak-anak dengan gizi buruk yang paah lebih berisiko mengalami refeeding syndrome. Bagi praktisi, refeeding syndrome mungkin terjadi yang ditandai dengan gagal jantung dan syok, aritmia akut yang mengakibatkan kematian mendadak, hipoventilasi dan gagal napas, atau gagal ginjal akut; ada kerusakan parah dalam kondisi klinis (Manary et al, 2012).
Mengingat sifat dari refeeding syndrome yang umum dan serius, adalah hal bijaksana untuk secara bertahap meningkatkan asupan energi saat berpindah dari fase stabilisasi ke rehabilitasi. Terutama, anak-anak tidak boleh dipaksa makan, baik oleh staf medis yang bermaksud menyediakan zat gizi yang memadai, atau ibu yang percaya bahwa mereka membantu anak mereka pulih. WHO mengungkapkan bahwa kemungkinan anak akan dengan sengaja mengkonsumsi makanan akan memicu refeeding syndrome. Kedua, staf dan ibu harus diinstruksikan untuk menyediakan sekitar 100 kkal/kg/hari selama dua hari pertama setelah stabilisasi tercapai (Manary et al, 2012).
 

34 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored