selasar-loader

Mengapa obat bermerek bisa mahal sekali dengan obat generik padahal bahannya sama persis?

LINE it!
Answered May 06, 2018

Andini Ika
Mahasiswa Farmasi UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 1 Jakarta

OINd4U409YuSVlRFpXF4rTMHCVCMDzSz.jpg

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa sebenarnya obat yang beredar di pasaran dibagi menjadi tiga, yaitu Obat Paten, Obat Branded (Branded Generic) dan Obat Generik.

Obat Generik adalah obat yang dipasarkan dengan menggunakan nama zat aktif yang terkandung di dalamnya, misalnya Asam Mefenamat (biasanya digunakan untuk mengobati nyeri akibat sakit gigi dan kram menstruasi). Sedangkan Branded Generic adalah obat yang dipasarkan dengan merek tertentu, misalnya Ponstan (isinya juga Asam Mefenamat). Sementara Obat Paten adalah obat yang dipasarkan dengan merek tertentu yang telah didaftarkan hak patennya. Baik Obat Generik maupun Branded Generic, keduanya baru boleh diproduksi setelah masa paten originator-nya (Obat Paten) habis.

Sekarang pertanyaannya, mengapa harga obat paten sangat mahal?Obat yang masih dalam masa paten jelas memiliki hak khusus atau eksklusivitas, yakni pabrik manapun di seluruh dunia tidak boleh memproduksi jenis obat yang sama selama 20 tahun setelah obat tersebut disetujui. Mengapa? Karena biasanya, Obat Paten adalah obat yang memiliki zat aktif baru untuk mengobati suatu penyakit.

Sebelum dipasarkan, obat dengan zat aktif baru ini harus melalui proses penelitian, pengembangan dan pengujian yang panjang. Mulai dari proses pembuatan/sintesisnya dan formulasinya. Formulasi ini tentunya bisa dilakukan berulang kali tergantung tujuan pemberiannya (secara oral/melalui mulut, injeksi, maupun topikal/di permukaan kulit) hingga ditemukan bentuk sediaan yang tepat dan stabil. Selain itu obat ini juga akan melalui tahapan Uji Pre-Klinik dan Uji Klinik untuk menguji khasiat, keamanan dan efek sampingnya. Uji Pre-Klinik dilakukan pada sejumlah hewan percobaan (misal tikus atau kelinci), sedangkan Uji Klinik dilakukan pada sekelompok relawan manusia yang sehat maupun yang sakit. 

Dan tentunya pengujian ini juga dilakukan berulang kali. Oleh sebab itu, pengembangan obat baru bisa memakan waktu puluhan tahun. Jadi bisa dibayangkan kan, berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan selama proses pengembangan, termasuk untuk menggaji para ilmuwan dan kompensasi bagi para relawannya. Oleh sebab itu, hak paten yang diberikan adalah suatu bentuk kompensasi bagi perusahaan yang telah berhasil mengembangkan suatu bentuk obat baru.

119 Views
Write your answer View all answers to this question